5 Olahan Ayam yang Cocok untuk Bekal Sehat Anak Sekolah

Membuat bekal sehat untuk anak, ternyata tak semudah yang dibayangkan. Selain harus sehat dan higienis, makanan juga harus variatif dan kreatif. Ini beberapa inspirasi yang bisa dicoba!

Semua ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk tumbuh kembang sang buah hati. Termasuk untuk urusan bekal sekolah, yang pastinya harus memenuhi kebutuhan nutrisi dan kalorinya. Setidaknya, menu yang Anda siapkan harus mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan kalsium, agar pertumbuhan anak bisa berjalan optimal.

Berbicara soal pilihan menu, olahan ayam merupakan satu di antara sekian makanan yang banyak disukai anak-anak. Apalagi, jika Anda bisa mengolahnya secara kreatif sehingga bekal bisa menarik dan tidak membosankan. Tentunya, tanpa mengenyampingkan soal rasa dan gizi yang ada di dalamnya.

Berikut beberapa inspirasi olahan ayam yang bisa Anda jadikan bekal makan siang anak sekolah. Selain lezat dan sehat, pastinya juga sangat menggugah selera.

1. Ayam Kremes

Sumber: cookpad.com

Agar anak tak bosan dengan olahan ayam goreng yang itu-itu saja, Anda bisa menyiapkan bekal berupa ayam kremes. Olahan ayam dengan sensasi gurih dan krispi ini cocok untuk disajikan bersama nasi putih dan tumis sayur. Kremesnya yang renyah dan lezat juga kian membuat anak menyukai menu yang satu ini.

Untuk cara pembuatannya, langkah awal sebenarnya tak jauh berbeda dengan resep ayam geprek yang anda bisa lihat di sini. Hanya saja pada menu ini, ayam langsung digoreng hingga berwarna kecokelatan dan tiriskan.

Sambil lalu, Anda bisa membuat bahan kremesnya dengan cara melarutkan sagu dan sedikit air kaldu. Adonan kremes ini bisa digoreng bersamaan dengan ayam atau ditaburkan nanti ketika telah siap disajikan. Bagi yang tidak ingin repot, kini juga telah tersedia tepung ayam kremes instan di pasaran yang bisa dimanfaatkan.

2. Nugget Ayam Wortel

Sumber: resephriini.com

Umumnya, anak-anak pasti suka dengan yang namanya nugget. Bagi mereka, menu olahan ini tak hanya bisa dijadikan lauk, tetapi juga camilan pengganti jajan. Namun terkadang, bagi seorang ibu pasti ada ras was-was tersendiri ketika harus membeli nugget instan yang tersedia di pasaran. Tak lain, karena pasti ada unsur pengawet yang notabenenya kurang baik bagi kesehatan.

Itulah mengapa ada baiknya jika Anda membuatnya sendiri di rumah. Berbekal daging ayam yang diblender, tepung tapioka, dan beberapa bumbu dapur, Anda sudah bisa membuat nugget ayam wortel yang enak nan sehat. Sajikan dengan nasi putih dan sayur sop, dijamin anak akan suka dan tidak lagi jajan sembarangan.

3. Bistik Ayam

Sumber: resepkoki.id

Bisa dibilang, bistik ayam adalah menu yang banyak disukai orang termasuk anak-anak. Meski umumnya, olahan ayam ini biasa ditemui di kafe atau restoran, tak ada salahnya jika Anda menjadikannya alternatif menu bekal sehat anak ke sekolah. Apalagi, cara membuatnya juga cukup mudah, sehingga tidak akan terlalu merepotkan Anda.

Dengan perpaduan rasa gurih dan manis, bistik ayam ini cocok untuk disandingkan bersama nasi putih. Bumbunya yang kental akan tampak menggoda dan menggugah selera, sehingga anak cenderung lahap memakannya.

Untuk memastikan apakah anak menyukai menu ini atau tidak, tak ada salahnya jika Anda terlebih dulu mengajaknya makan di restoran atau kafe dengan menu ini. Tentunya, dengan memanfaatkan voucher atau cashback dari ShopBack yang Anda miliki agar bujet tidak terlalu membengkak.

4. Ayam Teriyaki


Sumber: romadecade.org

Jika buah hati Anda menyukai makanan Jepang seperti ayam teriyaki ala HokBen, tak ada salahnya sesekali buatkan bekal dengan menu olahan tersebut. Selain mereka pasti senang dan lahap memakannya, anggap saja ini juga sebagai pelepas rindu karena tidak bisa terlalu sering makan di restoran. Bagaimanapun, makan di restoran atau kafe pasti membutuhkan bujet yang tidak sedikit, kecuali jika Anda memanfaatkan voucher atau cashback dari ShopBack.

Lagipula, untuk membuat menu olahan ayam ini juga tidak terlalu sulit, kok. Anda hanya perlu mencelupkan sayap ayam pada kocokan telur, dan lumuri dengan tepung bumbu yang sudah disiapkan. Goreng ayam hingga berwarna kecokelatan, dan tiriskan. Tumis bawang putih, merah, dan bombai yang sudah dicincang, lalu masukkan ayam goreng. Tambahkan air secukupnya beserta bumbu pelengkap lainnya dan aduk rata. Setelah matang, bekal bisa disajikan bersama nasi putih dan jangan lupa lengkapi dengan buah.

5. Burger Ayam Saus Sayuran


Sumber: dapurcobe.co.id

Sesekali, tak ada salahnya jika Anda membawakan bekal tanpa nasi untuk sang buah hati. Ganti porsi karbohidrat nasi dengan kentang goreng atau panggang, agar anak juga tidak bosan. Lalu, untuk menu lauk yang cocok disandingkan dengan kentang, Anda bisa mencoba burger ayam saus sayuran.

Dengan bentuk menarik serta rasa yang lezat perpaduan gurih dan manis, dijamin anak pasti menyukainya. Belum lagi, dengan adanya saus sayuran yang segar, dijamin akan membuat burger ayam semakin menggoda.

Cara pembuatannya juga cukup mudah. Yakni, cincang halus daging ayam dan bentuk menjadi bulat pipih. Lalu, masak adonan burger tersebut dengan menggunakan mentega hingga matang dan kering di kedua sisi. Setelah itu, Anda perlu membuat saus sayuran berbahan dasar bawang bombai, kacang polong, jamur, tepung terigu, dan susu.

Setelah selesai, sajikan burger ayam dengan kentang goreng dan beberapa sayuran hijau pelengkap. Untuk saus, agar tidak tumpah, ada baiknya dibungkus secara terpisah terlebih dulu. Baru nanti ketika siap disantap, siramkan saus di atas burger. Yummy sekali, bukan?

Itulah beberapa olahan ayam yang bisa menjadi pilihan menu bekal sehat anak ke sekolah. Namun yang perlu dipahami, meski menu tersebut sehat, usahakan agar tidak memberikan olahan ayam setiap hari. Ada baiknya jika diselingi dengan menu olahan lain, entah itu ikan, daging sapi, telur, dan sayuran. Selamat mencoba!

No comments