Berbagai Contoh Pencemaran Lingkungan di Sekitar Kita yang Harus Diwaspadai!

Pada dasarnya, kesehatan masyarakat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan. Bila lingkungan tempat tinggal bersih, peluang gaya hidup yang lebih baik menjadi semakin besar. Namun, jika lingkungan tercemar, tentu saja berbagai macam potensi penyakut yang disebabkan karena bakteri dan virus akan siap mengintai. Ada berbagai macam contoh pencemaran lingkungan di sekitar kita. Pencemaran ini bisa dari zat, bahan maupun organisme yang dihasilkan karena kondisi pencemaran lingkungan.

Contoh Pencemaran Lingkungan di Sekitar Kita

Berikut berbagai macam contoh pencemaran lingkungan yang berada di sekitar kita, antara lain:

Asap pabrik

Kegiatan yang dilakukan di pabrik memang dapat menggeliatkan perekonomian. Sayangnya, asap pabrik ini juga menyebabkan pencemaran lingkungan khususnya pencemaran udara. 

Asap-asap pabrik inilah yang nantinya dapat mencemari udara. Agar dapat meminimalkan polutan yang memberikan dampak yang parah, diperlukan aturan yang mewajibkan setiap pabrik harus memiliki cerobong yang tinggi. 

Asap kendaraan

Kendaraan menghasilkan karbonmonoksida sebagai gas pembuangan setiap kali kendaraan tersebut digunakan. Gas tersebut menjadi polutan yang akan mengotori udara dan lingkungan. Bahkan, polutan ini jauh lebih mudah mencemari lingkungan secara langsung karena tingkat pelepasan yang lebih rendah. 

Asap pembakaran sampah

Asap pembakaran sampah menjadi salah satu kegiatan manusia yang sengaja membakar sampah tanpa memperhatikan aturan. Asap yang berasal dari sampah yang terbakar ini biasanya tidak jauh dari lingkungan pemukiman. 

Di lingkungan yang sering melakukan pembakaran sampah, biasanya kualitas oksigen menjadi kurang baik sehingga dapat mempengaruhi kualitas hidup warganya. 

Rokok

Apakah kamu seorang perokok? Jika demikian, kamu juga ikut menjadi penyumbang pencemaran udara. Asap rokok memiliki berbagai kandungan zat berbahaya bahkan dikategorikan sebagai racun.

Dampak yang ditimbulkan dari rokok bahkan dinilai begitu berbahaya karena dekat dengan aktivitas individu di lingkungan. Mereka yang terpapar asap rokom bahkan bisa mengalami sejumlah penyakit kronis. 

Sampah

Pembuangan sampah yang tidak terogranisasi dengan baik menjadi contoh pencemaran lingkungan yang lainnya. Sampah yang berasal dari rumah tangga biasanya akan berakhir di hulu sungai serta lautan. 

Di Indonesia sendiri, sampah yang mengotori laut setiap tahun dapat mencapai ratusan ribu ton. Sampah ini tentu saja membuat air menjadi kotor bahkan mengahalangi aktivitas biota laut. Tidak jarang, kemunculan sampah membuat banyak biota mati. 

Limbah pabrik

Kegiatan yang dilakukan di pabrik bukan hanya menghasilkan polusi udara, tetapi juga menyisakan sejumlah limbah yang akan merusak air. Pencemaran air yang disebabkan karena limbah bahkan menjadi lebih parah karena semakin banyak perusahaan yang enggan mematuhi protocol. 

Limbah sering dibuang dengan cara mengalirkannya ke sungai yang menjadi sumber air bagi masyarakat. Hal inilah yang memberikan pengaruh buruk untuk kesehatan penduduk yang lokasinya tidak jauh dari sumber air tersebut. 

Menggunakan pupuk tanaman

Menggunakan pupuk tanaman yang tidak sesuai seperti memiliki kandungan zat kimia, akan membuat tanah menjadi tercemar. Tingkat keparahan yang dimilikinya memang minim, namun jika dilakukan secara terus menerus tentu akan memperparah pencemaran lingkungan.

Pupuk yang berasal dari bahan kimia dapat merusak keseimbangan basa dan akhirnya menganggu kesuburan tanah. Manusia yang hidup di lingkungan tersebut bisa terdampak karena kemampuan tanaman untuk bertumbuh akan berkurang. 

Tentu saja berbagai contoh pencemaran lingkungan di sekitar kita di atas tidak bisa kita biarkan begitu saja. Untuk memperbaikinya, bisa dimulai dari diri sendiri, seperti tidak membuang sampah sembarangan, berhenti merokok hingga menggunakan pupuk tanaman dari bahan organik. 

No comments