Cara Mudah Cari Inspirasi Desain Motif Kain untuk Pakaian

Saat ini banyak sekali motif-motif kain yang lucu di baju atau pakaian yang dijual di internet. Apalagi baju anak, bisa auto bikin pengen beli bajunya. Memainkan psikologi emak-emak yang suka barang lucu untuk anaknya, sangat moncer sekali untuk closing. Sekalinya khilaf, biasanya bisa beli couple-an baju anak dan emak sekaligus.

Buat kamu yang akan berbisnis pakaian, kamu juga harus memikirkan strategi bisnis yang bagus. Motif kain bisa jadi alasan seseorang membeli pakaian yang kamu bikin. Misal nih, kamu jualan hijab atau kerudung. Coba kamu amati, berapa persen orang membeli karena motifnya cocok dengan baju yang sebelumnya dia punya. Namun tidak bisa dipungkiri juga dia akan membeli kerudung dengan motif yang cocok walau belum punya baju yang sesuai dengan motifnya.

Buat kamu yang memang berbisnis di ranah pakaian, mencetak kain dengan motif sendiri adalah hal yang diidamkan. Buat kamu yang masih skala kecil, kamu bisa pesan kain motif sendiri di jasa printing kain. Emang ada jasa seperti itu? Ada dong. Coba aja googling.

Lalu, bagaimana atau di mana tempat cari inspirasi desain motif kain yang bagus-bagus? Desain atau mikir ide sendiri kan susah banget. Ya, jangan mikir sendiri dong, bestie. Kan ada Shutterstock.

Inspirasi Desain Motif Kain dari Shutterstock

Bagi kamu yang belum tahu apa itu Shutterstock, Shutterstock merupakan website penyedia image dan vektor dengan royalty free yang memiliki jutaan koleksi image yang bagus-bagus kualitasnya.

Tidak percaya? Kamu bisa mencari di Shutterstock dengan kata kunci "fabric pattern". Kamu akan disuguhi dengan ribuan desain motif kain yang bakal bikin kamu pengen download tuh file dan kamu terapkan di kain yang akan kamu bikin pakaian.

Di Shutterstock, kamu bisa mendapatkan banyak motif kain, mulai dari motif geometri, polkadot, stripe, batik, tartan, medalion, madras, leopard, herringbone, gingham, dan jenis motif lainnya. Semuanya ada di Shutterstock. Kamu bisa mendapatkannya dengan kata kunci yang tepat di Shutterstock.

Cara Beli Atau Download Image Motif Kain di Shutterstock

Oke nih, sudah tahu di Shutterstock bagus-bagus motif kainnya. Bagaimana cara beli atau download image motif kain pilihanmu?

Kamu bisa langsung beli di Shutterstock-nya langsung dengan menggunakan kartu kredit. Kalau tidak punya kartu kredit bagaimana? Kamu bisa menggunakan pihak ke-3 jasa beli image Shutterstock yang sudah terpercaya, yaitu IDCopy.

Tapi, apa tidak ada cara gratisnya? Dalam benakmu pasti berpikir seperti itu. Cara gratisnya tentu saja ada dong. Kamu bisa menggunakan kode kupon campaign yang sedang dijalankan Shutterstock. Kamu bisa dapat gratis 10 image Shutterstock. Tapi ya itu tadi, kamu harus punya kartu kredit.

Lalu, kalau tidak punya kartu kredit gimana dong? Tenang, ada cara lainnya.

Tips Download Image Shutterstock Gratis

Cara download Shutterstock gratis ini bisa kamu praktikkan langsung yah. Yuk, langsung buka New Tab sekarang.

  1. Buka website dl.idcopy.biz
  2. Lalu klik tombol "Daftar Sekarang".
  3. Kemudian isi email, nomor hape, dan password. Lalu klik "Register".
  4. Cek email kamu, karena bakal ada email buat verifikasi. Klik link verifikasi yang ada di email.
  5. Kemudian balik lagi ke dl.idcopy.biz, lalu login menggunakan username dan password yang kamu tadi.
  6. Di halaman "Home", kamu akan melihat ada tombol "Masukkan Voucher". Klik tombol tersebut. Yuk cek email kamu lagi, harusnya ada email yang isinya voucher gratis dari dl.idcopy.biz. Ada? Voucher tersebut didahului dengan WLB.
  7. Masukkan kode voucher WLB tersebut pada input yang ada di halaman "Voucher". Yes, kuota download kamu sudah bertambah.
  8. Kini, balik lagi ke "Home". Masukkan URL atau ID image Shutterstock motif kain yang sebelumnya kamu pilih di Shutterstock. Masukkan URL/ID tersebut di dalam kotak input lalu klik "Pratinjau".
  9. Tunggu hingga ada tombol "Download Sekarang". Klik tombol tersebut dan tunggu proses download kamu selesai. Simpan file tersebut dalam komputermu.

Mudah sekali, 'kan? Oh ya, voucher WLB tersebut memiliki kuota 3 image loh. Jadi kamu bisa download 2 image Shutterstock lainnya.

Sekarang, coba kamu cek file hasil download-nya. Untuk motif kain biasanya berupa vektor format EPS. Format file EPS ini bisa kamu buka dengan Adobe Illustrator atau CorelDRAW. Kamu bisa mengeditnya sesuka hati yang melakukan penyesuaian sesuai dengan selera motif kain yang kamu inginkan.

Voucher Download Shutterstock Gratis Tambahan

Buat kamu yang pengen kuota download lebih, kamu bisa menggunakan salah satu kode voucher di bawah ini.

GRT-QMJ5HGC~2204      GRT-GTFY6CV~2204

GRT-U9Q9FG3~2204      GRT-U4HAU2A~2204

GRT-4DTXFHG~2204

Gunakan satu saja yah, biar yang lainnya kebagian juga. Oh ya, jika kamu coba lima-limanya tidak ada yang bisa, harap komentar di bawah yah. Nanti akan diperbarui.

Buat kamu yang masih kurang lagi kuota download-nya, kamu bisa menggunakan fitur check-in (ada di sidebar kanan) selama 5 hari yang kamu bisa mendapatkan voucher gratis lagi dari dl.idcopy.biz.

Kesimpulan

Mencari inspirasi desain motif kain tidak susah-susah amat karena ada Shutterstock. Bahkan kamu bisa mendownload file desain motif tersebut dengan gratis. Namun, yang perlu kamu ingat, file yang kamu dapatkan dengan cara di atas adalah berlisensi standard. Hanya bisa digunakan untuk keperluan pribadi saja. Kamu perlu mengecek lisensi kembali jika di-print dan dijual kembali kainnya. Ada lisensi enhanced untuk barang printing.

Untuk mendiskusikan kebutuhanmu, kamu bisa bertanya langsung dengan CS IDCopy. CS IDCopy bakal menjelaskan lisensi apa yang harus dibeli sesuai dengan kebutuhanmu.

No comments