9 Obat Sakit Gigi Alami

Sakit gigi bisa datang secara tiba-tiba, kondisi tersebut dapat menjadi mimpi buruk Anda terutama jika nyeri terasa sampai ke kepala. Untuk meredakan rasa nyeri sebelum pergi ke dokter, Anda dapat mengurangi nyeri menggunakan obat sakit gigi alami yang mudah Anda temui di rumah. Penasaran bukan, apa saja obat sakit gigi alami tersebut? Sebelum melangkah lebih jauh sebaiknya kita mengenal dahulu tentang sakit gigi. 

Mengenal Sakit Gigi

Sakit gigi bisa terjadi karena pulpa gigi yang terhubung dengan syaraf dan pembuluh darah mengalami peradangan. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti, kerusakan gigi, adanya kantong nanah di dalam akar gigi (abses gigi), enamel retak, gingivitis, ataupun makanan keras yang terselip di antara 2 gigi. Faktor tersebut dapat mengganggu mood dan aktivitas Anda  terutama saat nyeri gigi menjalar ke telinga dan kepala.

Obat Sakit Gigi Alami

Sebelum pergi ke dokter, Anda dapat meredakan sakit gigi dengan menggunakan bahan-bahan alami sebagai obat. Berikut bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan.

1. Es Batu

Penggunaan es batu sebagai obat sakit gigi alami sudah menjadi cara yang paling sering digunakan di masyarakat. Anda dapat mengompres bagian pipi yang bengkak dengan es batu selama 15 hingga  20 menit.

2. Kunyit

Menurut pakar nutrisi Amerika Serikat, Kris Gunnars, Bsc kunyit memiliki senyawa curcumin yang berfungsi sebagai antioksidan, antiinflamasi, serta antibakteri. Anda dapat meletakkan parutan kunyit di area gigi yang sakit sebagai pengobatan. 

3. Bawang Putih

Menurut pakar gizi dan ahli nutrisi Australia, Joe Leech, MS, RD, bawang putih memiliki kandungan antiseptik yang dapat membunuh bakteri dalam gigi dan mulut. Anda dapat menghaluskan bawang putih untuk dioleskan di area gigi yang sakit. 

4. Garam

Obat sakit gigi alami ini dapat Anda temui dengan mudah di dapur. Berkumur dengan menggunakan air yang dicampur garam dapat berfungsi sebagai antiseptik dan meningkatkan keseimbangan PH dalam mulut.

5.  Cengkih

Anda dapat memanfaatkan cengkih untuk obat kumur sakit gigi, karena mengandungan senyawa eugenol yang berfungsi sebagai antiseptik dan anti inflamasi alami.

6. Daun Jambu Biji

Menurut penelitian dari National Center for Biotechnology Information, daun jambu biji berfungsi sebagai antimikroba yang dapat membantu perawatan mulut secara alami, serta berfungsi sebagai anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan. Anda dapat mengunyah, atau menjadikannya obat kumur.

7. Cuka Apel

Anda dapat menggunakan 1/2 sdt cuka apel sdi campur dengan segelas air hangat sebagai obat kumur karena cuka apel memiliki manfaat sebagai antimikroba dan antibakteri alami yang ampuh membunuh bakteri di dalam mulut.

8. Peppermint

Penggunaan daun peppermint sebagai obat kumur, dapat memberikan sensasi segar dan dingin serta berfungsi sebagai antibakteri. Anda cukup rendam daun peppermint dengan air panas selama 20 menit. 

9. Thyme

Kandungan antioksidan yang tinggi serta memiliki kandungan antibakteri membuat thyme sering dijadikan opsi obat sakit gigi alami oleh para herbalist. Anda dapat meneteskan minyak yang mengandung thyme pada kapas lalu oleskan pada area gigi yang sakit. 

Selain menggunakan bahan-bahan herbal seperti diatas, Anda  harus sering menyikat gigi. Lakukanlah prosedur sikat gigi yang benar, serta gunakan pasta gigi yang mengandung pro-fluoride seperti peposdent fluoride. Bila masih nyeri konsultasikan dengan dokter gigi.

No comments