Tips Membangun Komunitas Bisnis Online yang Solid

Dalam pengembangan karir maupun bisnis, networking—salah satunya komunitas bisnis—menjadi hal yang harus diperhatikan dengan baik. Dengan adanya networking yang baik, kamu bisa memiliki banyak kesempatan serta kemungkinan untuk berkembang dan maju. 

Bila kamu berharap mengembangkan serta meningkatkan peluang sukses dengan profesional, kamu harus memahami pentingnya membangun relasi di dalam bisnis. Salah satu cara membangun relasi ialah mengikuti komunitas bisnis.

Ketika pertama kali bergabung dengan komunitas bisnis atau mengikuti komunitas ini, kamu pasti bingung apa yang harus dilakukan. Namun, sebelum mengetahui cara membangun komunitas ini, kamu harus mengetahui alasan mengapa kamu harus bergabung dalam komunitas ini. 

Alasan Pentingnya Membangun Komunitas Bisnis

Sebenarnya, mengapa kita harus membangun sebuah relasi bisnis? Sebenarnya alasannya cukup sederhana, relasi memungkinkanmu mengakses peluang yang mungkin tidak bisa kamu temukan sendiri.

Dengan adanya relasi bisnis, wawasan yang kamu miliki mengenai berbagai informasi yang berkaitan dengan pelanggan, operasional usaha hingga saran untuk meningkatkan skala usaha bisa menjadi semakin banyak. 

Bila kamu bisa membentuk serta mempertahankan hubungan, satu kontak saja bisa membuat peluang serta kolaborasi usaha dengan banyak pengusaha hebat. Bahkan dengan memiliki relasi yang efektif, kamu bisa menghemat waktu serta tenaga. 

Oleh sebab itu, pastikan kamu tahu cara menggunakan relasi dengan efektif agar bisa menjadi alat yang ampuh untuk mengembangkan usaha. 

Tips Membangun Relasi Komunitas Usaha Online

Untuk membangun komunitas usaha, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti, seperti:

Cari komunitas yang tepat

Kamu bisa menjangkau orang-orang yang bisa memberimu bantuan khusus sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Bila kamu tertarik dalam satu bidang tertentu, membangun komunitas dengan sesama anggota yang bekerja di industry tersebut akan membantumu. 

Contohnya saja sekarang ini kamu ingin menekuni bisnis konveksi online. Kamu bisa mencari komunitas bisnis bidang yang sama seperti keinginanmu. Di sana, kamu akan memperoleh berbagai macam informasi seperti pesanan barang yang tidak bisa diterima oleh pengusaha lain, hingga berbagai informasi lain. 

Memberi dan menerima

Jangan hanya berharap untuk menerima informasi bisnis atau sharing mengenai peluang bisnis, kamu juga harus memberikan informasi serupa. Contohnya, kamu membantu anggota komunitas yang sedang dalam kesulitan seperti sulit mencari bahan baku yang sesuai. 

Bila kamu bersedia mendukung mereka, mereka juga akan melakukan hal yang sama ketika kamu sedang melalui kesulitan. 

Terus proaktif

Akan lebih baik jika kamu terus menjaga hubungan yang baik dan menyenangkan dengan network ini setiap saat. Tidak lucu bukan jika kamu tiba-tiba mengirim pesan ke salah satu anggota komunitas bisnis, padahal kamu belum pernah mengajaknya bicara sebelumnya. 

Oleh sebab itu, ketika di dalam komunitas terdapat konten yang dibagi atau informasi yang dibagi, kamu bisa menimpalinya, baik sekedar memberikan ucapan terima kasih, atau memberikan komentar yang positif. 

Hadiri acara komunitas

Meskipun bisnis yang sama-sama dibangun adalah bisnis online, namun tidak jarang komunitas bisnis juga mengadakan pertemuan antar sesama anggota. Jika memang kamu memiliki waktu luang untuk hadir dalam pertemuan tersebut, tidak ada salahnya untuk ikut hadir. 

Lebih-lebih jika mereka menggelar acara di kotamu, akan sungkan rasanya jika kamu memiliki waktu luang dan venue acaranya dekat, namun kamu beralasan untuk tidak menghadirinya. Kamu bisa memperhatikan jadwal pertemuan komunitas agar tidak terlewat. 

Membangun networking sebenarnya gampang-gampang sulit, bergantung dari bagaimana kita memperlakukan komunitas yang kita miliki. Apakah kamu mau memberikan feedback atau hanya mau menerima informasi dari komunitas bisnis ini saja.

No comments