Berbagai Jenis Sayuran Kaya Zat Besi

Selain daging merah, ada berbagai jenis sayuran kaya zat besi. Memastikan tubuh tercukupi kebutuhan zat besi adalah salah satu hal penting. Hal ini disebabkan karena ada begitu banyak manfaat yang dimiliki zat besi untuk kesehatan serta kebugaran tubuh. Pada dasarnya, zat besi adalah mineral yang bisa melakukan berbagai macam hal di dalam tubuh. 

Zat besi pada dasarnya adalah mineral alami yang berada di dalam makanan. Zat besi merupakan kompoen utama untuk membentuk hemoglobin yakni bagian dari sel darah merah. Bukan hanya itu, zat besi juga mempunyai peran untuk proses metabolosme tubuih, fungsi normal sel tubuh dan pembentukan hormon. 

Manfaat lain yang dimiliki zat besi adalah dapat mengatasi gangguan belajar pada anak. Hal ini disebabkan karena peran zat besi untuk meningkatkan kemampuan berpikir, konsentrasi dan kemampuan belajar. Tidak hanya itu, zat besi juga digunakan untuk menghasilkan energi dari asupan yang penuh nutrisi.

Jenis Sayuran Kaya Zat Besi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, selain dari daging merah, zat besi juga bisa diperoleh dari sayuran. Sayuran yang memiliki kandungan zat besi terbukti bisa menjaga kadar zat besi di dalam tubuh tetap stabil. Berikut beberapa sayuran yang memiliki kandungan zat besi, antara lain:

Jamur

Beberapa jenis jamur memiliki banyak kandungan zat besi seperti jamur putih. Jamur putih memiliki kandungan 2,7 miligram zat besi sesudah melalui proses pemasakan. Dengan kandungan zat besi tersebut, jamur bisa memenuhi 15% kebutuhan harian zat besi yang dibutuhkan tubuh. 

Bukan hanya jamur putih, ada juga jamur tiram. Jamur tiram mempunyai kandungan zat besi bahkan dengan kadar hingga 2 kali lipat dibandingkan dengan jamur putih.

Kentang

Kentang sering dijadikan sebagai pengganti nasi. Namun siapa yang menyangka jika kentang mempunyai banyak kandungan zat besi. Tetapi, kandungan zat besi yang dimilikinya bisa menjadi lebih maksimal jika dikonsumsi dengan kulit. 

Satu buah kentang yang tidak dikupas memiliki kandungan 3,2 miligram zat besi. Kandungan tersebut setara dengan 18% kebutuhan zat besi harian tubuh. 

Bayam

Jenis sayuran kaya zat besi lainnya adalah bayam. Bayam memiliki kandungan 0,81 miligram zat besi dalam satu cangkirnya. Namun, Anda harus mengkonsumsi bayam dengan dibarengi dengan mengkonsumsi vitamin C, sehingga nantinya tubuh dapat menyerap zat besi secara maksimal. 

Tomat kering

Ketika tomat masih berada dalam bentuk sayur, memang tidak ada kandungan zat besi yang cukup banyak. Tetapi, ketika tomat sudah dirubah menjadi saus, kandungan zat besi yang dimilikinya cukup tinggi. 

Bayangkan saja, dalam satu cangkir saus tomat murni memiliki kandungan 3,9 miligram zat besi. Jumlah ini setara dengan 22% kebutuhan harian tubuh.  

Jantung pohon kelapa sawit

Jantung pohon kelapa sawit dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan. Jantung pohon ini tentu saja diambil dari pohon kelapa sawit. Biasanya jantung pohon kelapa sawit diolah tanpa bumbu apapun. 

Di dalam satu cangkir jantung pohon kelapa ini, terdapat 4,6 miligram zat besi. Jumlah ini setara dengan 26% kebutuhan zat harian yang Anda butuhkan. 

Kale

Jenis sayuran kata zat besi yang terakhir adalah kale. Kale sebenarnya masih satu keluarga dengan sayuran bayam. Dalam satu cangkir kale terdapat 2,5 hingga 6,4 miligram zat besi. 

Selain berbagai jenis sayuran kaya zat besi di atas, zat besi juga bisa diperoleh dari makanan jenis lain seperti kacang-kacangan, kedelai, kacang polong hingga biji wijen. Melihat pentingnya zat besi bagi tubuh, jangan lupa konsumsi makanan dengan kandungan zat besi secara teratur. 

No comments