7 Cara Menjaga Kesehatan Otot Agar Bebas dari Pegal-pegal

Tanpa kita sadari, kita menggunakan otot tubuh dari bangun pagi sampai tidur kembali. Otot yang kuat dan sehat akan membuatmu bisa bergerak dengan bebas serta melakukan berbagai macam aktivitas. 

Sayangnya, gangguan otot seperti kram otot, otot yang lemah, hingga nyeri otot sering terjadi. Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindarinya. 

Cara Menjaga Kesehatan Otot

Untuk menjaga kesehatan otot sebenarnya tidak perlu melakukan latihan rumit, kamu bisa mulai dengan melakukan berbagai hal berikut seperti:

Hindari mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah berlebihan

Karbohidrat adalah nutrisi sangat penting dan digunakan untuk menyediakan energi otot. Tetapi, pengonsumsian karbo secara berlebihan bisa membuat tubuh menimbun banyak lemak. 

Lebih baik mengkonsumsi tidak lebih dari 25 gram karbohidrat setiap makan. Selain itu, kamu juga bisa memilih karbohidrat yang berasal dari bahan gandum. 

Beri tubuh asupan protein dengan cukup

Asupan protein begitu penting sebagai penjaga kesehatan otot. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan jika menjaga asupan protein bisa menjaga kekuatan otot. Protein menyediakan asam amino yang dibutuhan tubuh untuk penyusun otot. 

Kamu bisa menemukan sumber protein pada susu rendah lemak, daging ayam, ikan, telur, biji-bijian dan yang lainnya. 

Hindari mengkonsumsi alkohol

Cara menjaga kesehatan otot lainnya adalah hindari mengkonsumsi alkohol. Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat merusak otot. Bahkan pengonsumsian alkohol secara berlebihan bisa meningkatkan kadar testoteron serta estrogen, sehingga membuatmu kehilangan masa otot. 

Tidur cukup

Tidur sebenarnya merupakan waktu bagi tubuh agar bisa melakukan pemulihan. Oleh sebab itu ketika tidur hormon estrogen, testosteron serta hormon pertumbuhan manusia memperbaiki diri sendiri. 

Agar kekuatan otot tetap terjaga dengan baik, kamu harus memperoleh tidur yang berkualitas setiap malam, bahkan relaksasi sangat penting sehingga bisa menjaga otot sehat. 

Miliki berat badan ideal

Berat badan berlebihan sangat tidak baik bagi kesehatan otot. Hal ini dikarenakan berat badan berlebihan bisa memberi tekanan besar pada otot tubuh, hingga pada akhirnya tubuh harus bekerja semakin keras. 

Hal ini menyebabkan otot menjadi cepat tegang dan mudah lelah, hingga akhirnya menjadi kurang nyaman ketika sedang melakukan aktivitas. Agar dapat menjaga kesehatan otot, kamu harus menjaga berat badan menjadi tetap ideal. 

Kamu bisa melakukan pola hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang serta membatasi asupan makanan yang tinggi kolesterol dan lemak. 

Kamu juga bisa melakukan olahraga secara rutin minimal 30 menit dalam sehari, tujuannya untuk membakar kalori yang menyebabkan kelebihan berat badan. Ketika berat badanmu berada di angka normal, otot tidak akan mudah nyeri. 

Cukupi kebutuhan air

Kurangnya asupan air bisa menyebabkan gangguan penyerapan nutrisi otot. Hingga pada akhirnya otot tubuh menyerap kalium serta magnesium yang dibutuhan untuk menyeimbangkan elektrolit. 

Jika kamu kekurangan asupan air, lebih-lebih setelah berolahraga, tubuh bisa lebih cepat lelah dan akhirnya menimbulkan kram otot. Dehidrasi juga dapat memicu lemahnya otot serta kehilangan koordinasi tubuh. 

Olahraga secara teratur

Berolahraga juga menjadi cara menjaga kesehatan otot. Pada dasarnya semua jenis gerakan di dalam olahraga akan melatih otot, tetapi ada berbagai macam latihan yang bisa efektif menjaga kesehatan otot. 

Kamu bisa melakukan latihan aerobic seperti berenang, jogging, badminton. Latihan ini bisa meningkatkan kekuatan otot bahkan menjaga kesehatan jantung. 

Cara menjaga kesehatan otot memang tidak bisa hanya dilakukan dalam sehari atau dua hari, namun kamu harus menjadikannya sebagai kebiasaan baik.

No comments