Berbagai Perawatan di Dokter Gigi Yogyakarta

Ada berbagai macam perawatan yang bisa dilakukan di dokter gigi Yogyakarta. Melakukan perawatan gigi secara teratur sangat dibutuhkan. Perlu diketahui, terdapat lebih dari 90% penyakit sistemik muncul tanda serta gejala yang berada di mulut termasuk gigi dan gusi.

Buruknya kesehatan gigi serta gusi akan memberikan dampak komplikasi penyakit stroke, diabetes, pernafasan, hati dan yang lainnya. Namun, sebelum melakukan perawatan, seseorang dianjurkan memeriksakan gigi agar bisa memahami permasalahan gigi. 

Ada berbagai macam hal yang menyebabkan kerusakan pada gigi seperti sering mengkonsumsi makanan manis. Ketika mengkonsumsi makanan manis, bakteri yang berada di mulut akan memiliki banyak bahan bakar untuk menghasilkan asam hingga akhirnya bisa menyerang gigi. 

Bukan hanya itu, soda juga bisa membuat kerusakan gigi menjadi semakin parah. Oleh sebab itu, agar bisa mencegah kerusakan menjadi semakin besar, perawatan kerusakan harus segera dilakukan. 

Berbagai Perawatan di Dokter Gigi Yogyakarta

Ada berbagai macam perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi yang tersedia di dokter gigi, antara lain:

1. Endodontik

Endodontik adalah perawatan yang dilakukan pada saluran akar gigi. Perawatan ini dilakukan agar bisa mengatasi gigi yang rusak serta infeksi pulpa. Pulpa merupakan bagian sensitif di gigi dan berguna untuk menyalurkan nutrisi, dan oksigen ke gigi. 

Perawatan endodontik ini dilakukan dengan cara menghilangkan pulpa yang mengalami kerusakan, kemudian dokter gigi akan membersihkan bentuk serta saluran akar dengan menggunakan bor gigi. Saat bagian dalam gigi sudah bersih, nantinya akan ditutup dengan material untuk menambal gigi.

2. Pelindung mulut

Pelindung mulut adalah perawatan yang dilakukan untuk menghindari cedera di mulut  seperti lidah, gusi, gigi, bibir dan rahang. Seringnya, perawatan yang dilakukan untuk melindungi mulut ini digunakan para atlet agar bisa menghindari kerusakan mulut yang disebabkan karena benturan wajah. 

3. Filling gigi

Filling gigi merupakan perawatan kerusakan gigi yang dilakukan agar dapat menghilangkan pembusukan pada bagian gigi yang berlubang. Perawatan filling gigi dilakukan dengan menggunakan bor gigi serta berbagai alat lain. 

Saat lubang di bagian gigi sudah bersih, nantinya dokter melakukan penutupan dengan cara menambal gigi. Biasanya, dokter akan memberikan saran penggunaan material penambalan sesuai dengan bentuk, ukuran, serta lokasi lubang gigi yang akan ditambal. 

4. Fissure sealant

Fissure sealant merupakan perawatan yang dilakukan untuk melindungi gigi dari pembusukan. Nantinya, dokter akan menutupi keretakan pada gigi. Biasanya, gigi yang dirawat adalah gigi premolar dan gigi molar. 

Sedangkan, sealant sendiri adalah cairan yang dioleskan di permukaan gigi. Lapisan dari sealant ini bisa menjadi penghalang bakteri penyebab pembusukan gigi. Biasanya, perawatan fissure sealant ini disarankan untuk anak-anak yang lebih cenderung berisiko pada pembengkakan permanen.

5. Pembersihan karang gigi

Jenis perawatan kerusakan gigi lainnya adalah pembersihan karang gigi serta scalling. Perawatan seperti pembersihan karang ini tentu sudah tidak asing lagi Anda dengar. Scalling memiliki tujuan untuk membersihkan kotoran gigi seperti partikel sisa makanan, karang dan plak. 

Plak serta karang gigi menjadi penyebab utama penyakit gusi. Sesudah proses pembersihan ini selesai, dokter gigi akan memberi instruksi untuk melakukan perawatan mulut. Biasanya, Anda hanya perlu melakukan scalling rutin sebulan sekali. 

Dari berbagai perawatan di atas, mana perawatan yang pernah Anda coba. Ketika melakukan perawatan, pastikan memilih dokter gigi Yogyakarta yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi untuk memberikan perawatan gigi.

No comments