Daun Sirih, Obat Herbal Terkenal dengan Berbagai Manfaat

Paper betle atau yang lebih sering disebut dengan daun sirih merupakan daun yang memiliki warna hijau tua serta berbentuk hati. Dari zaman dahulu, masyarakat di negara India telah menggunakan daun ini untuk ritual keagamaan. 

Biasanya, daun ini dibudidayakan di India, Malaysia, Filipina, Afrika Timur dan Indonesia. Bukan hanya memiliki bentuk daun yang cantik dan bagus ditanam, ternyata daun ini juga memiliki segudang manfaat yang berguna untuk kesehatan seperti dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut hingga mengobati luka. 

Berbagai Macam Manfaat Daun Sirih Sebagai Obat Herbal

Daun ini adalah tanaman yang memiliki kandungan kadar air tinggi. bahkan 85 sampai 90 persen daun ini ialah air. Oleh sebab itu, daun ini juga memiliki kandungan kalori yang rendah. Ada berbagai macam kandungan yang dimiliki daun ini seperti protein, lemak, sodium, vitamin A, vitamin B2, vitamin B1, hingga asam nikotinat. Daun ini juga memiliki kandungan minyak atsiri serta eugenol. 

Berikut berbagai macam manfaat yang dimiliki daun sirih, antara lain:

1. Mengatasi masalah diabetes

Tidak sedikit obat anti diabetes yang mempunyai efek samping jangka panjang pada organ hati dan ginjal. Namun, sebuah penelitian mengungkap bila bubuk duan sirih kering mempunyai kemampuan menurunkan kadar glukosa dalam darah pada mereka yang baru terdiagnosa diabetes. 

Biasanya, pendeirta diabetes akan menunjukkan tingkat stress oksidatif cukup tinggi karena kadar glukosa darah yang cukup tinggi secara terus menerus. Daun sirih menjadi sumber antioksidan yang mampu melawan stress serta membersihkan tubuh dari adanya radikal bebas, sehingga daun sirih akan menurunkan kadar glukosa darah. 

2. Mengatasi masalah gangguan pernapasan

Daun sirih bisa membantu mengatasi berbagai macam masalah yang berkaitan dengan pilek dan batuk. Bahkan, herbal ini merupakan obat yang baik bagi mereka yang memiliki gangguan sesak dada, dan asma. 

3. Mempunyai sifat antijamur dan antiseptik

Daun kaya manfaat ini ternyata juga mempunyai sifat antiseptik yang begitu luar biasa. Hal ini disebabkan karena kaya dengan polifenol, lebih-lebih chavicol yang memberikan perlindungan ganda dari kuman. 

Sifat antijamur yang dimiliki daun ini bisa mengatasi infeksi secara instan. Untuk mengatasi infeksi, Anda dapat membuat daun sirih menjadi pasta dan mengoleskannya di bagian yang terluka. 

4. Menjaga kesehatan mulut

Daun ini memiliki kandungan banyak agen antimikroba yang sangat efektif untuk memerangi jumlah bakteri yang berada di mulut serta menjadi pemicu bau mulut, kerusakan gigi, dan plak. 

Anda bisa mengunyah pasta daun ini sedikit setelah makan. Daun ini nantginya juga akan melawan bau mulut, meredakan nyeri gusi yang membengkak, serta infeksi mulut.

5. Melindungi lambung

Penelitian telah menunjukkan jika mengunyah daun sirih bisa menjadi obat untuk mengatasi tukak lambung. Daun ini nantinya akan menghambat pembentukan lesi lambung serta meningkatkan produksi mukus  serta menurunkan volume sekresi dari asam lambung. 

6. Membantu mengatasi depresi

Depresi merupakan sebuah gangguan kejiwaan. Namun siapa yang menyangka jika obat anti depresan seperti dengan mengunyah daun sirih dapat digunakan untuk mengatasi depresi ini. 

Mengunyah daun ini akan menghasilkan perasaan bahagia serta tingkat kewaspadaan yang tinggi. daun ini juga memiliki kandungan senyawa fenolik aromatik yang akan merangsang pelepasan katekolamin. 

Daun sirih memang memberikan berbagai macam manfaat, namun jangan sampai karena ingin mendapatkan manfaat tersebut, Anda mengkonsumsi daun ini secara berlebihan, karena terlalu sering menyirih atau mengunyah daun bisa memicu kanker.

No comments