6 Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS

Anak SMA khususnya jurusan IPS dihadapkan pada cukup banyak pilihan jurusan saat menempuh pendidikan di universitas. Ada banyak jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPS yang memiliki peluang kerja cukup bagus di masa depan.


Untuk itu anak IPS kamu harus cepat cermat dalam memilih jurusan nantinya.

Jurusan Kuliah Favorit Anak IPS

Ada beberapa jurusan kuliah favorit anak IPS. Jurusan-jurusan ini biasanya juga menjadi jurusan yang unggul di kampus bahkan jadi andalan di sebuah universitas.
Simak berikut ini.

1. Akuntansi

Kamu yang anak IPS bisa memilih jurusan akuntansi untuk prospek kerja kedepan yang lebih cemerlang. Akuntansi adalah jurusan yang mempelajari seluk beluk keuangan mulai dari prinsip akuntansi dan teori.

Anak akuntansi nantinya akan belajar bagaimana analisis laporan perencanaan dan konsultasi pengendalian anggaran dan masih banyak lagi.

Jurusan ini cocok bagi kamu yang suka pelajaran matematika dan akuntansi tentunya. Untuk prospek kerja kedepan kamu bisa menjadi seorang akuntan, manajer keuangan dan pemeriksa Keuangan.

2. Psikologi

Jurusan ini berhubungan dengan mental pikiran dan juga perilaku manusia. Dalam psikologi alur pemikiran seseorang akan diteliti, bagaimana perilaku dan tindakan seseorang.

Mulai dari persepsi, hubungan interpersonal dan pengakuan secara kognitif. Untuk prospek kerja kedepannya kamu bisa menjadi seorang psikolog konseling atau psikologi organisasi industri.

Selain itu kamu juga bisa menjadi terapis untuk anak dan keluarga, lalu jika di dalam perusahaan kamu bisa menjadi seorang HRD.

3. Ilmu Komunikasi

Di jurusan Ilmu Komunikasi kamu tidak hanya berfokus pada cara berkomunikasi yang baik. Tapi kamu juga mempelajari hal lainnya seperti menulis berita, public speaking, fotografi, desain, animasi dan membuat iklan.

Pada intinya yang kamu pelajari adalah erat hubungannya dengan aspek komunikasi baik teori maupun praktek. Untuk prospek kerja kedepannya kamu bisa menjadi seorang jurnalis, public relation dan Spesialis Hubungan Masyarakat.

4. Ilmu Hukum

Jurusan ilmu hukum dikenal cukup bergengsi, prospek kerja kedepannya juga sangat luas.

Untuk kamu yang lulusan Ilmu Hukum, tentu kamu adalah orang yang dibutuhkan untuk berbagai persoalan hukum yang ada di Indonesia. Baik itu di kehidupan sehari-hari, instansi, kementerian hukum ataupun departemen. Seperti seorang pengacara, asisten legal, sekretaris legal, hingga paralegal.

Ketika memasuki perusahaan kamu akan dibutuhkan untuk menempati posisi konsultan hukum.

5. Ekonomi Pembangunan

Ekonomi Pembangunan orientasi nya berpusat pada pembangunan yang ada di negara-negara berkembang. Baik yang sudah dimulai, sedang dikerjakan atau sudah tuntas.

Kalau bisa berbicara soal prospek kerja tentu jurusan Ekonomi Pembangunan bisa berprofesi sebagai apa saja. Mulai dari rencana keuangan, pembuat kebijakan, pembangunan ekonomi hingga jadi pengajar dalam bidang ekonomi. Tentu saja jurusan ini juga memiliki peminat yang cukup banyak.

6. Perpajakan

Bagi anak IPS yang ingin masuk jurusan perpajakan, ada cukup banyak lowongan kerja yang menanti kamu. Jurusan ini bidang cakupannya tentu tentang perpajakan namun dari 3 perspektif. Ada ekonomi, hukum dan akuntansi.

Lulusan Perpajakan diharapkan nantinya bisa menyusun laporan pajak yang sesuai dengan peraturan perpajakan dan ketentuan perpajakan. Untuk prospek kerja kedepannya kamu bisa menjadi konsultan bea cukai, ahli perencanaan pajak, dan penilai pajak dan keuangan.

Demikian beberapa jurusan kuliah yang sekiranya cocok untuk anak IPS dengan peluang karir bergengsi dan penawaran gaji cukup besar. Namun apapun jurusan yang diambil hendaknya kamu memenuhi skill yang dimiliki dan juga membangun koneksi sebanyak-banyaknya.

Untuk kamu yang memutuskan masuk ke Universitas Tarumanagara, pendaftaran di Universitas Tarumanagara sudah dibuka.

Pendaftaran kuliah online bisa dilakukan dengan mudah lewat aplikasi goKampus.

Dengan aplikasi goKampus, tidak hanya mudah dalam urusan daftar kuliah saja. Tapi kamu juga bisa mendapatkan informasi seputar beasiswa dan cara mendaftar beasiswa.

No comments