Inilah Plus Minus Software Akuntansi yang Wajib Kamu Tahu

Dewasa ini sudah banyak teknologi canggih bermunculan. Sebut saja komputer yang terus mengalami inovasi dari berbagai segi, baik dari bentuk maupun perangkat lunak yang tersemat di dalamnya. Salah satu perangkat lunak yang dapat membantu dalam manajemen keuangan adalah sistem akuntansi atau accounting software. Keberadaannya dapat membantu akuntan atau manajer keuangan dalam menyelesaikan jurnal penjualan atau pembelian, menyusun daftar gaji, laporan keuangan laba rugi, dan lain sebagainya. Software yang satu ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai skala, mulai dari organisasi bahkan perusahaan kecil hingga besar.


Lantas apa kelebihan dan kekurangan dari sistem akuntansi ini? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Kelebihan Software Akuntansi

Tujuan utama sistem akuntansi adalah untuk membantu pengerjaan proses laporan keuangan sehingga didapatkan hasil akhir yang akurat. Namun tak hanya itu, terdapat beberapa kelebihan lain yang disuguhkan oleh software canggih yang satu ini. Apa saja?

1. User Friendly

Kelebihan pertama dari sistem akuntansi adalah user friendly atau mudah digunakan. Software ini dibekali dengan berbagai fitur lengkap dan canggih yang mudah dipahami, sehingga mereka yang tidak memiliki latar belakang di bidang akuntansi pun tetap dapat mengoperasikan sistem ini.

2. Aplikatif

Sistem akuntansi termasuk dalam perangkat yang aplikatif karena dapat disesuaikan dengan bisnis yang Anda miliki, mulai dari perdagangan, UKM, konstruksi, industri, hingga perusahaan skala besar sekalipun. Sehingga laporan keuangan yang dihasilkan pun akurat dan sesuai dengan kebutuhan.

3. Fitur Manajemen Utang Piutang

Salah satu fitur yang terdapat dalam software akuntansi adalah fitur manajemen pencatatan utang piutang, sehingga memungkinkan manajer keuangan maupun akuntan untuk mencatat utang piutang secara akurat dan cepat. Selain itu fitur ini juga dapat memproyeksikan posisi arus kas suatu bisnis di masa mendatang, sehingga dapat meminimalisir timbulnya piutang yang tak tertagih dan juga denda keterlambatan peluasan utang.

4. Laporan Transaksi yang Terorganisir

Dengan menggunakan sistem akuntansi, risiko faktur hilang maupun kesalahan dalam mencatat dapat diminimalisir. Karena segala proses akuntansi tercatat secara digital dan berada pada satu tempat yang aman. Data tersebut juga dapat dicari dengan mudah, sehingga kerja akuntan maupun manajer keuangan menjadi lebih efektif.

Kekurangan Software Akuntansi

Selain ada kelebihannya, ada beberapa kekurangan software akuntansi yang sering dijumpai.

1. Server Harus Selalu Lancar

Bukan tak mungkin suatu saat server pusat mengalami down system, sehingga sistem software tak bisa berjalan dengan lancar. Karena software tersebut dijalankan secara terpusat, sehingga pada saat server down perusahaan perlu meningkatkan kewaspadaan dan keamanan tingkat tinggi agar tidak terjadi kebocoran data.

2. Migrasi Data

Seiring dengan kegiatan bisnis yang bersifat dinamis, sistem akuntansi yang telah digunakan juga dapat berubah dan berkembang sewaktu-waktu. Artinya software perlu melakukan penyesuaian kembali mengikuti alur bisnis. Jika tahap penyesuaian ini tidak dilakukan dengan benar oleh tim khusus yang disediakan oleh developer, maka dapat terjadi gangguan baik kecil maupun besar.

Itulah kelebihan serta kekurangan dari software akuntansi. Bagaimanapun, sistem yang satu ini dapat memudahkan kerja akuntan maupun manajer keuangan. Karena pada dasarnya sebuah bisnis maupun perusahaan membutuhkan teknologi yang dapat mengefektifkan kerja karyawannya.

No comments