Pergi ke Solo dengan Naik Kereta Api Yuk!

Taman Sriwedari Solo (Foto: Kemenpar)

Kota Solo merupakan salah satu kota indah yang memiliki banyak kebudayaan, peninggalan bersejarah dan tempat wisata yang mempesona dan indah. Kota ini sering juga disebut dengan Surakarta. Kota Solo masuk ke dalam Provinsi Jawa Tengah dan berbatasan dengan Karanganyar, Sukoharjo, dan Boyolali. Solo juga terkenal dengan Sungai Bengawan, yang merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa.

Solo merupakan salah satu kota yang menjadi destinasi wisata oleh banyak wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Hal itu karena kota Solo memiliki banyak tempat wisata yang bagus, kebudayaannya yang masih kental, warga yang ramah serta pemandangan alam-nya yang indah. Karena itu pula kini juga sudah banyak alat transportasi yang bisa digunakan untuk sampai di kota ini bagi orang-orang atau wisatawan yang berasal dari luar kota maupun luar negeri. Pesawat dan kapal, dua jenis moda transportasi tersebut dapat menjadi alternatif bagi orang dan wisatawan yang berasal dari luar negeri. Namun, jika kalian adalah wisatawan lokal pesawat, bus, kereta api bisa dipilih sebagai alat transportasi untuk menuju ke kota Solo.

Bagi beberapa orang, membeli tiket pesawat yang harganya cukup tinggi saat ini mungkin akan memberatkan. Lalu juga untuk naik bus, dinilai akan memakan waktu lebih lama. Tapi, tak perlu bingung untuk pergi ke kota Solo jika tidak menggunakan dua moda transportasi tersebut karena kalian bisa menggunakan kereta api sebagai alternatifnya.

Ada banyak kereta api dari berbagai kota lain di Indonesia yang memiliki rute ke kota Solo. Kereta-kereta tersebut memiliki jadwal keberangkatan yang cukup banyak dan bisa kalian pilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Untuk harga tiket kereta ke kota Solo pun tidak perlu khawatir akan menguras kantong, karena meski ada banyak kereta yang berangkat dari banyak kota namun harga dari tiket kereta-kereta tersebut tergolong murah. Kalian bisa mencari informasi dan harga tiket kereta murah ke Solo melalui website dan aplikasi resmi perusahaan kereta api Indonesia (KAI Access) atau di aplikasi-aplikasi travel lainnya yang sudah banyak bermunculan di internet.

Kereta-kereta yang melayani rute ke kota Solo ada cukup banyak dan berangkat dari berbagai kota seperti yang dijelaskan di atas tadi. Beberapa kereta tersebut memiliki jadwal keberangkatan yang berbeda-beda. Berikut ini adalah contoh beberapa jadwal keberangkatan kereta-kereta yang memiliki tujuan ke Solo: KA Prameks yang berangkat dari Yogyakarta, KA Lodaya yang berangkat dari Bandung, KA Argo Dwipangga yang berangkat dari Jakarta dan beberapa kereta lainnya yang berangkat dari banyak kota lain.

Seperti yang dikatakan di atas, jika kota Solo memiliki banyak tempat-tempat yang indah dan tentunya harus dikunjungi jika sedang berada di kota tersebut. Tempat-tempat tersebut termasuk tempat wisata yang ada baik wisata edukasi, wisata budaya, wisata sejarah maupun wisata alam. Nah, kalian mau tahu apa saja bukan tempat-tempat tersebut? Berikut ini adalah beberapa daftarnya. Simak ya!

Taman Sriwedari

Tempat satu ini merupakan tempat wisata sejarah yang ada di kota Solo. Bentuk dari tempat ini berupa komplek pertamanan. Untuk kemari kalian perlu untuk pergi ke daerah Laweyan, Solo. Di sekitar taman ini ada Gedung Wayang Orang Sriwedari yang sering dijadikan tempat pertunjukan wayang orang. Masuk ke tempat wisata ini tidak perlu merogoh biaya yang cukup banyak karena kalian bisa masuk ke dalam dengan membeli tiket seharga Rp. 3000 saja.

Museum Manusia Purba Sangiran

Destinasi wisata satu ini merupakan sebuah museum arkeologi yang letaknya tidak jauh dari situs fosil purbakala Sangiran. Museum Manusia Purba Sangiran ini berlokasi di Desa Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah. Tak hanya memiliki fungsi sebagai tempat wisata, museum ini juga dijadikan sebagai pusat penelitian dari para arkeolog baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Grojogan Sewu Tawangmangu

Bagi kalian yang suka dengan wisata alam, kalian harus mencoba ke Grojogan Sewu Tawangmangu jika sedang ke Solo. Destinasi wisata satu ini berada di sisi barat Gunung Lawu dan merupakan air terjun tertinggi di Jawa Tengah. Jika kalian ingin ke tempat wisata satu ini akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 20.000 per orang.

1 comment

  1. pengen banget, apalagi kalau dari Surabaya mah nggak jauh-jauh amat harusnya.
    Sayangnya paksu kebanyakan alasan kalau diajak naik transportasi umum, padahal enak loh nggak capek :)

    ReplyDelete