Kenali 4 Ciri Air Minum Berkualitas. Apa Saja Ya ?


Kebutuhan air minum merupakan kebutuhan penting yang harus terpenuhi. Namun Anda tidak bisa asal sembarang mengonsumsi air minum. Agar kesehatan tubuh tetap terjaga, maka pastikan bahwa air minum yang dikonsumsi layak memenuhi syarat ciri air minum berkualitas.

Ciri-Ciri Air Minum Berkualitas

Berbeda dengan air bersih yang biasa digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga seperti mandi, memasak, atau mencuci. Air minum yang akan dikonsumsi harus memenuhi syarat kelayakan yang sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 492 Tahun 2010 dan telah lulus uji kelayakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Lalu apa saja ciri air minum berkualitas? Ini dia ulasannya.

1. Bebas dari Bahan Kimia Berbahaya

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui kualitas air minum adalah dengan mencium baunya. Jika anda mencium bau logam pada air minum, maka dipastikan bahwa air tersebut berbahaya untuk dikonsumsi. Berbagai jenis logam berat beracun seperti Cr (kromium), Pb (timbal), Cd (cadmium), dan juga As (arsen) sangat berbahaya dan memiliki sifat racun jika masuk kedalam tubuh,

2. Warna Bening dan Jernih

Air minum berkualitas ditandai dengan warnanya yang bening dan juga jernih. Selain itu air minum yang baik juga terbebas dari berbagai bahan endapan Air minum yang bagus harus memiliki suhu ruang diantara 10-25 derajat Celcius. Salah satu tanda air berkualitas dapat dikenali dari sumbernya yang berasal dari mata air pegunungan yang terbebas dari lingkungan yang tercemar.

3. Bebas dari Mikroba Berbahaya

Air minum berkualitas juga harus terbebas dari mikroba berbahaya. Beberapa jenis mikroba yang berbahaya antara lain Salmonella sp, Eschericia coli. Kedua jenis mikroba ini sangat berbahaya karena dapat memicu berbagai penyakit seperti diare, mual, dan muntah. Untuk menguji kandungan mikroba di dalam air minum ini harus dilakukan di dalam laboratorium.

4. Memiliki Rasa Sedikit Manis

Banyak orang yang mengira bahwa air minum yang sehat adalah air yang tawar dan tidak memiliki rasa. Padahal air minum yang berkualitas memiliki senyawa bikarbonat yang memiliki rasa manis. Bikarbonat sendiri sangat penting untuk menetralisir asam basa pada tubuh seperti Le Minerale yang menghadirkan air mineral dengan rasa segar dan juga manis.

Le Minerale merupakan salah satu produk air minum berkualitas yang bisa menjadi pilihan Anda. Selain menghadirkan sedikit rasa manis dari senyawa bikarbonat, air minum ini juga mengandung berbagai mineral yang sangat bermanfaat untuk mengatur cairan di dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung, hingga menjaga kesehatan tulang dan juga kulit.

Diambil langsung dari mata air pegunungan pilihan menjadikan Le Mineral kaya akan bahan-bahan mineral. Adanya izin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga membuat Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan dan kesehatannya.

No comments