Nggak Cuma Sebagai Hiasan, Ternyata Begini Fungsi dari Lampu yang Ada di Atas Meja!

Gambar dari Pinterest

Setiap pemilik rumah pasti menginginkan rumahnya tampak indah, cantik dan nyaman. Ada banyak hal berpengaruh terhadap keindahan dan kenyamanan sebuah ruangan. Desain, ukuran dan perabot akan berpengaruh besar terhadap estetika dan kenyamanan sebuah ruangan. Dalam kesempatan ini kita akan membahas tentang fungsi lampu meja dan tips memilihnya.

Sebuah ruangan bisa berfungsi dengan baik bila dilengkapi dengan berbagai macam perabotan yang diperlukan. Meja, kursi, sofa, tempat tidur adalah beberapa contoh peralatan yang biasanya mengisi sebuah ruangan. Khusus untuk meja biasanya dilengkapi dengan alat penerangan berupa lampu meja untuk menerangi kamu saat membaca buku atau sebagai hiasan cantik di kamar dan ruang tamu.

Fungsi Lampu di Atas Meja

Gambar dari Pinterest

Lampu di atas meja atau sering disebut dengan lampu meja bisa dijumpai dengan berbagai bentuk dan ukuran. Alat penerangan jenis ini bisa dibeli di banyak toko furniture yang menjualnya secara online maupun offline. Harganya mulai dari Rp 50 ribuan hingga Rp 2 jutaan pun ada. Lampu jenis ini memiliki berbagai macam manfaat yang diantaranya sebagai berikut:

  1. Sebagai alat penerangan. Dengan adanya lampu atas meja, kamu bisa melakukan aktivitas di malam hari dengan mudah. Kegiatan makan bersama, membaca dan lain-lain bisa dilakukan dengan mudah bila penerangannya yang cukup.
  2. Membuat ruangan lebih cantik. Selain berfungsi sebagai alat penerangan, lampu atas meja juga memberi nilai estetika sehingga ruangan tampak cantik, hangat dan elegan.
  3. Memiliki nilai investasi. Lampu meja yang unik dan antik biasanya susah didapat dan mahal. Banyak kolektor barang antik yang membeli lampu antik untuk kemudian dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi.


Tips dan Cara Memilihnya

Lampu meja bukan saja berfungsi sebagai sumber cahaya pada sebuah ruangan tetapi juga berfungsi sebagai alat dekorasi untuk membuat ruangan lebih menarik. Ketika ingin membeli lampu hiasan meja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yang diantaranya sebagai berikut:

1. Pilih lampu sesuai dengan tema ruangan

Gambar dari Bagunesia

Pemilik rumah biasanya mengusung tema dekorasi tertentu untuk merepresentasikan minat, kepribadian dan selera pemiliknya. Untuk menciptakan tema dekorasi yang diinginkan, ruangan harus diisi dengan beberapa perabotan. Lampu yang akan dipilih juga harus sesuai dengan tema ruangan tersebut.

2. Tentukan apa fungsinya

Gambar dari Pinterest

Apakah kamu akan menggunakan lampu tersebut sepanjang malam untuk membaca, bekerja atau untuk mendampingi meja di ruang tamu dll? Mengetahui fungsi dari lampu yang akan dipasang membantu kamu menentukan ukuran, warna serta daya lampu yang akan dipilih (redup atau terang).

3. Bagaimana dan kapan lampu tersebut digunakan

Gambar dari Pinterest

Jika lampu tersebut merupakan satu-satunya sumber cahaya di sebuah ruangan, mungkin kamu harus memilih lampu yang lebih terang. Jika lampu di atas meja digunakan untuk sepanjang waktu, mungkin kamu harus memasang lampu yang bisa diatur cahayanya.

4. Perhatikan skala ruangan dan perabotan

Gambar dari Pinterest

Memperhatikan skala ruangan dan perabotan adalah hal penting yang harus diperhatikan ketika sedang mendekorasi sebuah ruangan. Lampu dengan kap yang besar tentu tidak cocok diletakan di atas meja kecil yang rendah.

Lampu di atas meja merupakan salah satu perabot ruangan yang sangat penting. Lampu seperti ini bukan saja berfungsi sebagai sumber cahaya tetapi juga menjadi pemanis sebuah ruangan. Pemilik rumah harus memilih lampu meja yang sesuai dengan tema dekorasi ruangan yang diusungnya.

No comments