Tidak Usah Bingung, Anak IPS Bisa Pilih Jurusan Ini Saat Kuliah Nanti


Jurusan Akuntansi atau S2 akuntansi online merupakan salah satu jurusan favorit dan populer di kalangan mahasiswa, namun jangan salah meski berkutat pada perhitungan, jurusan ini masuk kategori jurusan yang bisa dimasuki anak IPS. Saat memasuki dunia perkuliahan, biasanya anak IPS tidak diperkenankan memilih jurusan terkait IPA. Berbeda hal dengan anak IPA, ia bisa memilih jurusan IPA maupun IPS. Namun jangan khawatir, karena ada banyak jurusan keren di universitas yang bisa dimasuki anak IPS seperti:

Jurusan Psikologi

Manusia merupakan makhluk yang sangat menarik, unik, dan selalu memiliki misteri didalamnya meskipun banyak ilmuwan mencoba menguaknya. Psikologi merupakan ilmu yang meneliti alur pemikiran serta alasan dibalik tindakan, mulai dari persepsi, kognitif, dan hubungan interpersonal.

Jurusan yang satu ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai misteri, terlebih yang berhubungan dengan pemikiran manusia. Ada cukup banyak prospek kerja setelah lulus jurusan ini, mulai dari staff HRD, konsultan perusahaan, psychiater, market research psychology, dan lainnya.

Jurusan Bisnis dan Manajemen

Jurusan bisnis dan manajemen terkenal sebagai salah satu jenis terpopuler dan favorit di manapun dan kapanpun, jurusan ini juga tersedia secara blended learning. Bersiaplah bagi kamu anak IPS yang ingin melanjutkan pendidikan di jurusan ini, pasalnya hampir di setiap universitas jurusan satu ini memiliki banyak peminat.

Jurusan bisnis dan manajemen memang cocok dengan anak IPS, salah satu jurusan yang nantinya banyak berhubungan dengan orang lain. Bagi kamu yang ingin menjadi pengusaha, manajer, sekretaris, direktur, atau lainnya bisa mengikuti program kuliah jurusan ini.

Jurusan Hukum

Hukum sangat penting dibuat agar manusia mentaatinya, berperilaku sesuai norma dan nilai yang ada serta faktor terciptanya kenyamanan serta keamanan. Jika hukum dijalankan dengan semestinya, maka tidak akan ada kata kecewa yang dilontarkan oleh masyarakat. Pertumbuhan manusia dimuka bumi semakin pesat dengan perilaku beragam, tidak heran kan nanya jika saat ini semakin banyak masalah yang dihadapi oleh manusia.

Anak IPS terkenal dengan kemampuannya akan menghafal, tidak sulit karenanya jika ia memasuki jurusan hukum yang mengharuskan mahasiswanya banyak menghafal pasal dan ayat. Prospek kerja di hukum di Indonesia sendiri terbilang luas, mulai dari pengacara, notaris, staff legal, jaksa, hakim, dan lainnya.

Jurusan Akuntansi

Jurusan Akuntansi masuk kategori jurusan favorit, pasalnya prospek kerja jurusan ini memang terbuka dengan lebar (baik sebagai manajer, marketing, akuntan, konsultan keuangan, dan lainnya). Di jurusan ini mahasiswanya akan belajar berbagai teori akuntansi, mulai dari akuntansi keuangan, manajerial, biaya, pajak, pengendalian anggaran, aspek hukum akuntansi, dan lainnya. Anak IPS ditempatkan pada passing grade tertinggi untuk jurusan ini, hal ini hampir terjadi di banyak universitas.

Saat ini, perkuliahan akuntansi bukan hanya tersedia secara reguler namun beberapa universitas juga menyediakan kuliah online akuntansi.

Jurusan Sastra Inggris

Sebagai anak IPS yang luar biasa dalam hafalannya, jurusan sastra Inggris menjadi salah satu rekomendasi. Kemampuan berbahasa asing sangat disukai oleh banyak perusahaan, bisa dikatakan hampir semua perusahaan mensyaratkan kemampuan berbahasa asing (terutama bahasa Inggris). Prospek kerja jurusan ini juga terbilang luas, kamu bisa bekerja di kedutaan internasional, menjadi seorang penerjemah, menjadi guru bahasa Inggris, seorang tour guide, atau lainnya.

Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan ini tidak kalah menarik, kamu bisa menjadi seorang advertising, komunikasi bisnis, broadcasting, atau lainnya setelah lulus nanti. Jurusan Ilmu Komunikasi merupakan induk dari ilmu lainnya, seperti jurnalistik, penyiaran, hubungan masyarakat, desain komunikasi visual, komunikasi pemasaran, dan lainnya. Jurusan ini sangat cocok untuk anak IPS, terlebih kemampuan komunikasinya yang sangat mumpuni dan tinggal diasah lagi.

Selain mengikuti perkuliahan reguler untuk jurusan ini, bisa juga mengikuti kuliah blended learning atau lebih dikenal dengan kuliah online. Saat ini sudah banyak universitas yang menawarkan jenis kuliah ini, termasuk beberapa portal seperti pintaria.com (bisa memilih universitas Al-Azhar Indonesia untuk kuliah online Ilmu Komunikasi).

Jurusan Desain Grafis

Anak IPS juga bisa masuk jurusan Desain Grafis, merupakan ilmu yang mempelajari desain atau membuat grafis guna memenuhi kebutuhan komersial atau promosi khusus (contoh logo, kemasan, iklan, display, dan lainnya). Di era teknologi dan bisnis saat ini, kemampuan seorang desain grafis amat dibutuhkan baik di perusahaan besar maupun kecil.

Jurusan Hubungan Internasional

Hubungan Internasional merupakan jurusan yang mempelajari tentang interaksi, relasi, serta komunikasi yang terjalin secara internasional. Di jurusan ini mahasiswa tidak hanya belajar mengenai hubungan diplomasi satu negara dengan negara lain, namun juga masalah konflik, ekonomi, kesejahteraan, dan perdamaian dunia. Anak IPS tentu sangat cocok masuk jurusan ini, pasalnya anak IPS memang terkenal memiliki kemampuan sosial dan komunikasi yang sangat baik.

Selain jurusan Akuntansi dan nama-nama jurusan lainnya yang disebutkan di atas, masih ada cukup banyak jurusan keren yang bisa dimasuki anak IPS seperti Jurusan Ilmu Perpustakaan, Jurusan Desain Produk, Jurusan Sejarah, dan lainnya.

No comments