Tips Sukses Bisnis Jual Mobil Toyota Bekas yang Harus Anda Ikuti


Membuka usaha jual mobil bekas kini semakin diminati. Peluang pasar mobil bekas memang sangat besar mengingat kebutuhan masyarakat akan kendaraan pribadi seperti mobil di perkotaan semakin meningkat. Orang-orang juga lebih nyaman jika bepergian bersama keluarga menggunakan mobil karena lebih praktis. Meski untuk membuka usaha jual beli mobil memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun peluang pasarnya sangat besar sehingga dapat anda pertimbangkan. Berikut ini adalah tips sukses yang bisa anda coba:

1. Memilih Lokasi Showroom yang Strategis

Hal utama yang harus dimiliki oleh usaha jual beli mobil adalah lokasi usaha yang berada di tempat strategis. Pilihlah lokasi showroom yang berada di tepi jalan raya untuk menarik minat orang untuk membeli. Pemilihan lokasi yang tepat akan sangat mempengaruhi kelangsungan bisnis nantinya. Pilihlah areal lokasi dengan luas yang mencukupi karena akan digunakan untuk menampung mobil bekas yang akan dijual.

2. Tidak Mengambil Mobil Bekas yang Berasal dari Makelar

Ketika membeli mobil bekas, pilihlah mobil yang ditawarkan langsung oleh pemiliknya. Dengan membeli langsung dari pemiliknya, anda dapat mengulik kondisi mobil tersebut sekaligus bertanya sejarah mobil tersebut apakah pernah menabrak sesuatu atau mengalami kecelakaan. Dengan mengetahui sejarah mobil, anda dapat menentukan dengan tepat harga jual mobil tersebut sekaligus menganalisis solusi apabila ada kerusakan yang harus diperbaiki.

Tentunya penjelasan ini tidak bisa anda dapatkan jika membeli mobil dari makelar. Selain pertimbangan harga jual yang akan jadi lebih mahal, anda juga tidak dapat memastikan langsung sejarah kondisi mobil dari pemiliknya.

3. Periksa Surat Kelengkapan Mobil Bekas

Hal penting utama yang harus diperhatikan ketika membeli mobil bekas adalah memastikan kelengkapan surat-suratnya. Tanyakan dan mintalah surat kelengkapan mobil seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Kedua surat ini merupakan bukti sah dari kepemilikan kendaraan sehingga apabila anda menjual mobilnya kembali, status mobil tersebut itu menjadi legal. Jangan beli kendaraan yang tidak lengkap surat-suratnya karena tidak aka nada calon pembeli yang mau mengambil risiko membeli kendaraan yang tidak lengkap suratnya.

4. Melakukan Servis pada Mobil Bekas

Untuk menaikkan harga jual dari mobil bekas yang anda jual, anda dapat melakukan perbaikan pada mobil bekas sebelum dipamerkan di showroom. Perbaikan meliputi mesin dalam dan juga perbaikan fisik mobil. Anda bisa membawa mobil tersebut ke bengkel untuk memeriksakan kondisi mesin agar layak digunakan. Lakukan juga perbaikan pada bagian bodi mobil seperti pengecatan ulang warna mobil maupun mengurangi goresan-goresan pada bodi mobil.

5. Mobil Bekas yang Dijual adalah Mobil dengan Merk Terlaku di Pasaran

Untuk meningkatkan pendapatan usaha anda, carilah mobil bekas yang memang paling banyak dicari di pasaran. Anda bisa mengklasifikasikan mobil tersebut berdasarkan merek dan tipenya. Salah satu merek yang paling laku di pasaran adalah mobil Toyota. Mobil Toyota adalah merek mobil yang banyak dicari orang-orang baik untuk bekerja maupun untuk perjalanan keluarga.

Lihat pula tahun pembuatan mobil tersebut. Pastikan tahun pembuatannya tidak terlalu lama. Kecuali jika anda memang berniat membuka usaha showroom jual mobil antik.

6. Perkuat Relasi dengan Banyak Pihak

Relasi atau hubungan dengan banyak orang menjadi salah satu faktor kunci kesuksesan usaha. Buatlah image yang baik ketika berhubungan dengan orang lain. Relasi yang banyak dapat membantu anda mempromosikan bisnis, mendapatkan mobil bekas yang cocok, dan mendapatkan calon pembeli.

No comments