Harapan Rakyat Online, Portal Berita Lokal yang Bisa Bersaing dengan Media Nasional


Tujuh tahun yang lalu, redaksi harapanrakyat.com atau Harapan Rakyat Online (atau sering juga disebut HR Online) tidak akan menyangka portal berita yang dibangunnya akan sebesar sekarang. Setiap hari harapanrakyat.com yang dibangun oleh internal redaksi Koran HR disambangi 60.000 visitor. Bukan hal mudah untuk sampai pada posisi tersebut. Apalagi untuk ukuran media lokal yang berbasis di daerah.

Sekedar review sejarahnya, Harapan Rakyat Online berawal dari Koran Harapan Rakyat, surat kabar yang banyak memberitakan informasi seputar Ciamis, Banjar, dan Pangandaran. Surat kabar yang didirikan oleh R. Bachtiar Hamara pada tahun 2003 ini, kini mengembangkan usahanya di media online atau portal berita.

Media cetak yang akhir-akhir ini seperti mati segan hidup tak mau mendorong beberapa perusahaan pers untuk ‘terpaksa’ menggauli teknologi, maka bermunculanlah portal-portal berita yang diinisiasi oleh orang-orang di belakang media cetak terkemuka. Tak begitu berbeda dengan Harapan Rakyat Online, surat kabar lokal ini memulai debutnya dengan membangun website harapanrakyat.com.

Awalnya HR Online hanya memuat berita-berita yang sudah diterbitkan di Koran HR. Tuntutan pembaca membuat perusahaan media ini mengerahkan segenap wartawan HR saat itu untuk bekerja keras memenuhi dahaga para pembaca akan informasi seputar daerah Ciamis, Banjar, dan Pangandaran. Kini 45.000 lebih postingan berita sudah diunggah melalui portal berita yang resmi diluncurkan sejak 10 November 2013.

Dengan tampilan website yang ramah pembaca, HR Online memiliki beberapa kategori berita, yakni Berita Ciamis, Berita Banjar, dan Berita Pangandaran. Subagja sadar betul visitor dari ketiga daerah tersebut tidak akan mendongkrak visitor HR Online di Google. Mulailah dimasukkan kategori Berita Gaya Hidup dan Berita Teknologi. Berita Gaya Hidup didominasi dengan artikel-artikel tentang kesehatan sementara Berita Teknologi diisi dengan informasi sekitar gadget. Kedua kategori berita ini membuat Harapan Rakyat Online panen visitor setiap harinya.

Sementara sambil terus konsisten memuat informasi sekitar Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran, HR Online terus berusaha menjaring visitor bukan hanya dari ketiga kawasan tersebut. Menjaring visitor hingga 60.000 per hari tidaklah mudah bagi portal berita lokal seperti Harapan Rakyat Online. Konsistensi postingan harus tetap dijaga. Tetapi dengan sumber daya wartawan yang mumpuni, mudah saja bagi HR Online untuk terus meng-update beritanya setiap saat.

Direktur Utama PT Harapan Rakyat Online yang juga Pimpinan Redaksi harapanrakyat.com, Subagja Hamara, mengakui tantangan paling berat datang dari ‘si mesin pencarian’ alias Google. Tak sekedar menulis dan memposting berita. Agar mudah dicari di Google, berita-berita yang diunggah di HR Online harus pula mengikuti apa maunya Google.

Hal itu tentu tidak mudah terutama bagi wartawan media cetak yang terbiasa dibatasi oleh lay out Koran yang sempit, bahasa Koran yang ringkas dan informasi yang disajikan harus padat tapi mengena. Sementara di web, prinsip itu dipakai juga tetapi wartawan yang menggali berita harus pula memanjangkan ceritanya sehingga mudah terdeteksi oleh mesin pencarian.

Subagja dibantu oleh para redaktur dan wartawan berpengalaman, jadilah setiap berita yang dimuat di HR Online bisa dilihat dari berbagai sisi. Berbagai kisah kesuksesan dan sejarah seputar Ciamis, Banjar, dan Pangandaran ada di HR Online. Suatu hari Anda mungkin ingin mengenal lebih jauh tentang Situs Karang Kamulyan, Anda tentu mengandalkan bantuan ‘si mesin pencarian’ Google, sudah pasti Anda akan menemukan Harapanrakyat.com di sana.

Bertahun-tahun HR Online merajai Google dengan kata kunci Ciamis. Tak ada media lokal yang bisa menyamainya. Kini saat media nasional mulai mengerahkan para kontributornya, HR Online masih ada di halaman pertama mesin pencarian tersebut, walau posisinya kini bukan lagi yang pertama.
Tetapi, hal itutidak membuat portal berita yang satu ini kekurangan visitor. Lihat saja fanspage-nya yang telah di-like oleh sekitar 103.000 lebih akun di facebook. Untuk beberapa berita dengan tema sexy seperti Pilpres 2019, berita yang ditayangkan di HR Online akan memancing para pembacanya untuk membagikan dan berkomentar layaknya di fans page media nasional. Maka, jangan heran jika HR Online disebut-sebut sebagai portal berita paling popular di Priangan Timur Jawa Barat.

No comments