Cara Mencuci Botol Bayi Aman dan Higienis


Botol bayi merupakan salah satu hal yang sangat wajib dijaga kebersihannya. Seperti juga banyak perlengkapan untuk bayi lainnya, kebersihan botol juga sangat wajib diperhatikan. Lebih lagi karena botol bayi akan langsung masuk ke dalam mulut bayi. Sehingga kebersihan dari botol seharusnya menjadi perhatian para ibu.

Salah satu cara untuk membersihkan botol bayi, ialah dengan memilih sabun cuci pembersih botol yang tepat.

Seperti juga ketika memilih sabun mandi cair bayi yang tepat, sabun untuk mencuci botol juga seharusnya memiliki kandungan yang aman untuk bayi. Selain itu juga, cara mencuci botol juga menjadi pertimbangan yang penting.

Di bawah ini merupakan beberapa tips untuk mencuci botol bayi yang aman dan juga higienis.

1. Gunakan air hangat

Ketika mencuci botol bayi, sebaiknya memang menggunakan air hangat. Air hangat memastikan sisa susu yang ada di dalam botol benar-benar hilang. Ini sering kali akan lebih susah dibersihkan pada saat menggunakan air dingin untuk mencuci botol.

Trik yang bisa digunakan, salah satunya dengan merendam botol dengan air hangat. Sebelumnya air hangat bisa diberikan sabun cuci pembersih botol lebih dulu. Setelah itu baru botol dicuci seperti biasa menggunakan sikat khusus.

2. Jangan merebus botol

Merebus botol masih menimbulkan banyak perdebatan. Terutama karena kebanyakan botol bayi yang digunakan menggunakan bahan plastik. Sehingga merebus botol bisa menimbulkan bahaya, seperti keluarnya bahan berbahaya dari plastik botol hingga bentuk botol yang berubah.

Untuk memastikan botol benar-benar higienis, sebaiknya menggunakan alat khusus yang nantinya menghilangkan semua bakteri serta kuman di dalam botol.

Merebus botol bisa dilakukan bila botol bayi yang digunakan terbuat dari kaca. Sedangkan untuk bahan plastik sangat tidak dianjurkan.

3. Keringkan dengan benar

Botol sebaiknya juga dikeringkan dengan benar. Hal ini berarti botol harus benar-benar kering sebelum disimpan atau digunakan. Sisa air yang ada di dalam botol bisa menjadi tempat tinggal bakteri serta kuman. Sehingga nantinya akan berbahaya ketika digunakan pada buah hati.

No comments