Mengulik Tempat Wisata yang Masih Tersembunyi di Sekitar Kota Solo

Jika berlibur ke Solo dan bosan dengan suasana kota yang begitu-begitu saja, mungkin Anda perlu sedikit bergerak ke daerah wisata alam yang ada di sekitar Solo. Masih banyak pesona alam yang tersembunyi yang bisa memanjakan sukma demi mencari ketenangan batin. Dikelilingi rangkaian gunung Lawu, Merbabu dan Merapi, wisata alam di sekitar Solo Raya masih begitu alami. Cocok bagi Anda yang gemar berpetualang dan tertarik menemukan kejutan.

Nah, berikut beberapa rekomendasi dan ulasan mengenai tempat wisata di Solo yang dapat menjadi pertimbangan Anda.

1. Gunung Sepikul Sukoharjo


Sumber : brobali.com

Salah satu wisata alam di ketinggian yang menawarkan pemandangan eksotis adalah gunung Sepikul yang terletak di Kabupaten Sukoharjo. Meski namanya gunung, untuk mendaki ke atas puncaknya hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 15-30 menit. Jalan yang dilewati kebanyakan landai meski ada sedikit yang menanjak dengan kemiringan sekitar 40 derajat. Tetaplah berhati-hati dan waspada saat melangkah karena di sekitar gunung adalah jurang.

Setelah sampai di puncaknya, Anda akan disuguhkan pemandangan hamparan sawah luas yang menyejukkan mata serta bayangan gunung Merbabu di kejauhan. Hal yang lebih memesona adalah pemandangan sunset dari atas gunung yang diburu wisatawan.

Saat menyaksikannya, Anda akan diajak bersyukur betapa alam Indonesia ini menyimpan potensi keindahan yang sangat elok. Namun, sebaiknya Anda tidak terlalu malam untuk turun dari gunung setelah melihat sunset. Jalan yang gelap akan menyulitkan langkah saat turun dan bisa berbahaya.

2. Air Terjun Jumog

Air terjun ini terletak di lereng gunung Lawu di kabupaten Karanganyar, 40 km dari pusat kota Solo. Anda tentu dapat membayangkan betapa segarnya hawa sejuk di sana. Meski harus terlebih dahulu menuruni 116 anak tangga dan sedikit berjalan ke balik tebing, seluruh indra tubuh akan segera dipuaskan oleh lanskap alami air yang turun dari tebing di tengah hijaunya pepohonan.

Di bawah kucuran air terjun, Anda bisa puas bermain di air jernih nan segar. Ada pula kolam wahana air khusus untuk anak-anak. Bila sudah puas dan merasa lapar, banyak kios berjejer di pinggir air terjun yang siap mengisi kekosongan perut. Terkadang ada pula hiburan musik yang disediakan pengelola wisata setempat.

3. Gancik Hill Boyolali


Sumber : WisataBaru.Com

Tempat wisata ini merupakan salah satu gardu pandang di lereng gunung Merbabu yang berada di ketinggian sekitar 2000 mdpl. Kini di sana telah dibangun bangunan-bangunan dari bambu yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk mengambil foto. Dari atas puncaknya, Anda akan disuguhi pemandangan alam hijau dan batas cakrawala langit di kejauhan yang membuat serasa berada di atas awan. Belum lagi udara segar yang menerpa.

Gancik Hill juga merupakan lokasi yang sangat strategis untuk mengamati sunrise ataupun sunset. Agar tidak kehilangan momen, Anda bisa berkemah dan mendirikan tenda sekaligus bercengkrama dengan alam. Lokasi yang sangat tepat untuk menghilangkan penat karena rutinitas kerja.

Itulah beberapa lokasi yang bisa Anda pertimbangkan untuk dikunjungi bila berlibur ke kota Solo. Apabila mencari hotel di Solo, kini Anda tak perlu repot. Ada aplikasi Airy yang memudahkan dalam memesan hotel. Pembayaran pun bisa dilakukan melalui transfer atau kartu kredit.

Meski murah, Anda dijamin tidak akan kecewa karena ada 7 fasilitas standar yang akan didapat mulai dari AC, televisi flat, shower air hangat, hingga perlengkapan mandi. Air minum dan wifi gratis pun pasti akan Anda dapatkan. Tunggu apalagi? Segera rencanakan liburan Anda sekarang!

No comments