Menjelajahi Keunikan Potensi Kampung Lengkong Kulon


Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan potensi Indonesia. Dimulai dari wilayah kampung-kampung di Indonesia. PT Astra Indonesia (Tbk.) menyadari bahwa setiap wilayah di Indonesia memiliki potensi masing-masing. Karena itulah program Kampung Berseri Astra (KBA) hadir. Program ini hadir untuk memfasilitasi wilayah-wilayah di Indonesia mengembangkan potensi dan meningkatkan kesejahteraan warganya.

Program KBA terbagi menjadi 5 jenis yaitu kampung hijau, kampung cyber, kampung produktif, kampung wisata, dan kampung budaya. Penilaian KBA dilakukan atas dasar 4 pilar yang meliputi pilar pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, dan kesehatan. Sampai saat ini sudah ada 77 kampung yang dinobatkan sebagai bagian dari KBA dan tentu saja akan terus bertambah di masa depan.

Salah satu kampung yang menjadi bagian dari KBA adalah kampung Lengkong Kulon, Tangerang, Banten. Sejak tahun 2016 silam, Lengkong Kulon telah terdaftar sebagai KBA dan telah menjalankan program-program yang memberikan kemajuan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Potensi dari Kampung Pinggiran

Lengkong Kulon merupakan kampung yang berlokasi di pinggir kota besar namun memiliki potensi yang besar. Bukan tanpa alasan Lengkong Kulon terpilih sebagai Kampung Berseri Astra. Lengkong Kulon memiliki keunikan dan masyarakat yang tinggal di sana juga memiliki semangat untuk meningkatkan taraf hidup mereka.

Pengembangan potensi di kampung Lengkong Kulon dilakukan secara bertahap. Pendekatan masyarakat dilakukan perlahan-lahan mulai dari tetua desa hingga merambat ke generasi muda dan anak-anak. Meskipun dilakukan secara perlahan, namun perubahan yang ditunjukkan sangatlah nyata terbukti dari kondisi kampung Lengkong Kulon yang sekarang semakin maju.

Gerobak Baca untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Pendidikan menjadi salah satu pilar CSR (corporate social responsibility) yang berlaku di program KBA. Untuk memajukan pendidikan di kampung Lengkong Kulon, disediakan fasilitas gerobak baca yang bisa diakses oleh siapa saja. Gerobak baca menyediakan koleksi buku yang bisa menambah pengetahuan masyarakat di Lengkong Kulon. Fasilitas ini bisa diakses secara gratis sehingga tidak membatasi warga untuk belajar.

Program KBA yang berlaku di kampung Lengkong Kulon juga berfokus pada pendidikan anak usia dini. Diberikan program beasiswa untuk anak-anak sejak masih duduk di bangku PAUD. Diharapkan dengan pendidikan yang matang di usia dini, generasi yang dihasilkan di masa depan bisa menunjukkan kualitas terbaiknya.

Peningkatan Kualitas Kesehatan

Kesehatan juga menjadi bagian dari pilar CSR program KBA. Melalui perbaikan pelayanan posyandu, diharapkan kualitas kesehatan masyarakat bisa terus meningkat. Pembekalan ilmu dan program bimbingan kepada kader posyandu dilakukan agar pelayanan posyandu semakin berkualitas.

Program posyandu itu sendiri tidak hanya difokuskan pada anak-anak tetapi juga pada lansia. Oleh karena itu, baik pelayanan posyandu anak dan lansia harus dimaksimalkan. Satu lagi usaha meningkatkan kesehatan masyarakat yang dilakukan di Lengkong Kulon yaitu penanaman aneka jenis tanaman obat dan sayur-sayuran secara mandiri di halaman rumah untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga.

Uniknya lagi, program tanaman obat dan sayur-sayuran ini dilakukan dengan lahan yang tak biasa. Selain ditanam di halaman rumah, masyarakat Lengkong Kulon juga memanfaatkan lahan makam untuk menanam beragam jenis tanaman bermanfaat. Semua ini menjadi bagian dari usaha untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di Lengkong Kulon.


Program Kampung Berseri Astra memiliki peran penting dalam memajukan kesejahteraan warga. Taraf hidup warga bisa meningkat dan kondisi perekonomian terus membaik. Warga Lengkong Kulon bisa hidup semakin mandiri berkat adanya bimbingan ilmu dan pembekalan keterampilan yang diberikan Astra melalui program KBA ini. Diharapkan kampung Lengkong Kulon bisa semakin maju di masa depan.

No comments