5 Camilan yang Cocok untuk Berbuka Puasa

macam-macam roti


Di tahun 2018 ini, bulan suci Ramadan akan jatuh pada pertengahan bulan Mei. Ini merupakan bulan yang selalu dinanti-nanti oleh setiap kaum Muslimin. Tidak terkecuali di Indonesia, yang masyarakatnya mayoritas memeluk agama Islam. Di bulan yang spesial tersebut, masyarakat Indonesia punya tradisi turun temurun dalam menyambut dan memeriahkan bulan suci.

Di bulan puasa, saat-saat yang paling dinanti adalah saat berbuka puasa. Beberapa menu buka puasa yang enak dan paling sering disajikan di antaranya adalah: kolak, goreng-gorengan, es kelapa muda, hingga jus buah. Tapi kalau kita ngomongin soal camilan atau takjil yang enak dan menyehatkan, berikut adalah 5 cemilan buka puasa yang paling recommended.

Kurma

kurma

Dari sekian cemilan yang enak dan praktis disajikan untuk berbuka puasa, kurma tentu saja berada di list paling atas. Tidak hanya karena ini adalah sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, melainkan, kurma juga memiliki banyak manfaat apabila dijadikan sebagai takjil buka puasa. Manfaat pertama adalah untuk mengembalikan energi dalam waktu singkat. Karena setelah seharian tidak mengkonsumsi makanan dan minuman apapun, banyak di antara kita yang mulai kehabisan tenaga menjelang senja.

Buah Pisang

Es Pisang

Ada banyak pilihan buah-buahan yang bisa kita konsumsi ketika berbuka puasa. Selain buah kurma, jika ada buah lain yang paling direkomendasikan, itu adalah buah pisang. Terutama pisang hijau yang manis dan lezat. Mengapa buah pisang? Karena buah pisang mengandung karbohidrat yang bisa mengenyangkan dan mengandung gula yang mudah diserap untuk mengembalikan energi dan stamina. Selain dihidangkan dalam bentuk utuh, sebenarnya pisang juga bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat seperti Ice Banana Chocolate atau yang lainnya.

Puding Kurma Almond Coklat

Puding

Menu buka puasa yang enak dan mudah dibuat lainnya adalah puding kurma almond coklat. Ini adalah alternatif takjil sehat selain dua pilihan di atas. Cara membuatnya pun gampang. Bagi kamu yang penasaran, silahkan langsung “intip” resep puding kurma almond di internet.

Siomay Udang Ayam

Siomay

Kalau kamu suka makanan-makanan asin atau suka dengan goreng-gorengan tapi nggak pengen makan goreng-gorengan--karena tidak sehat, kamu bisa memilih siomay udang ayam yang lezat, bisa mengenyangkan, sekaligus pilihan cemilan sehat untuk buka puasa.

Bubur Frutila Dingin

Bubur

Kalau kamu tertarik dengan camilan penyegar tenggorokan yang bisa memuaskan dahaga, kamu wajib mempertimbangkan bubur fruitila dingin. Karena selain sehat, menu buka puasa ini juga bisa mengenyangkan serta bermanfaat untuk mengembalikan energi.

No comments