Mengenal Metode Montessori untuk Pembelajaran Anak

Metode Montessori adalah sebuah metode pendidikan dengan dasar aktivitas mandiri, permainan kerjasama serta pembelajaran secara langsung. Selama melakukan pembelajaran menggunakan Montessori, anak-anak bisa membuat pilihan yang kreatif.

Dalam metode Montessori, anak-anak akan melakukan kegiatan dalam kelompok serta individu agar dapat menemukan serta mengeksplorasi pengetahuan agar dapat mengembangkan potensi mereka secara maksimal. 

Bahkan, ruang kelas dengan pembelajaran Montessori di desain dengan lingkungan yang indah sehingga mampu memenuhi kebutuhan anak-anak. 

Penggagas dari metode Montessori adalah Dr Maria Montessori. Ia menemukan jika pengalaman belajar di kelas dengan menggunakan metode ini bisa membuat pemahaman lebih dalam mengenai matematika, bahasa, sains, interaksi sosial dan yang lainnya.

Kelebihan Penggunaan Metode Motessori untuk Pembelajaran

Ketika menggunakan metode Montessori, nantinya peserta didik akan diberi kebebasan dalam memilih material belajar. Nantinya, guru juga akan memiliki individual planning pada setiap anak didik sehingga pengajar bisa memberi stimulasi yang tepat untuk setiap anak didik. 

Berikut berbagai kelebihan dari metode Montessori adalah:

Anak menjadi fokus utama

Dalam metode Montessori, anak akan menjadi fokus utama. Nantinya peserta didik akan memilih mana materi Montessori yang disukai, kemudian guru akan mengamati ketika mereka belajar dengan menggunakan materi tersebut. 

Bukan hanya itu, guru juga tidak akan berdiri di depan kelas untuk pemberian materi, namun hanya sebagai pemandu untuk anak serta memastikan mereka dapat menguasai skill sesuai dengan perkembangannya.

Dapat melatih kemandirian anak

Seluruh peralatan belajar yang berada di ruang Montessori sengaja dibuat seukuran anak, sehingga anak-anak dapat mengerjakan semua sendiri serta meminimalisir bantuan dari guru. 

Tidak hanya itu, anak-anak juga akan diberi aturan ketika berada di ruang belajar, sehingga bisa membantu mereka melakukan segala hal sendiri. Contohnya sesudah selesai mengerjakan sesuatu, mereka harus mengembalikan peralatan tersebut ke tempat semula. 

Tentu saja ruang kelas yang sudah dirancang sesuai dengan kebutuhan mereka bisa mendukung proses kemandirian pada anak. 

Melatih anak untuk berpikir kritis

Kelebihan metode Montessori adalah dapat melatih anak untuk berpikir kritis. Anak yang dididik dengan menggunakan metode Montessori akan lebih kreatif, kritis serta tegas saat menyelesaikan masalah. 

Contohnya, setiap materi dari Montessori akan dilengkapi control of error, sehingga mereka akan mengerti apakah yang dilakukan sudah baik atau belum dari control of error ini. 

Ruang belajar disiapkan dengan baik

Di dalam metode Montessori, ruang kelas disebut sebagai prepared environment. Ruang kelas ini sudah disiapkan untuk memfasilitasi kebutuhan fisik serta kebutuhan anak, sehingga seluruh sarana belajar akan disesuaikan dengan kebutuhan anak. 

Belajar dengan menggunakan metode Montessori memang lebih menyenangkan, orangtua dapat mengadopsi metode Montessori untuk mendidik anak di rumah. Namun, tentu saja harus mengalokasikan waktu khusus agar dapat memberikan pendidikan di rumah yang terbaik.

No comments