Bagaimana Memilih Produk Baby Hygiene?

Bagaimana memilih produk baby hygiene? Pertanyaan seperti ini mungkin sering Anda dengar. Tentu saja memilih produk yang digunakan untuk merawat kulit bayi tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Hal ini disebabkan karena kulit bayi begitu rentan serta sensitive sehingga bisa dnegan mudah terkena iritasi. Bukan hanya orang dewasa, nyatanya bayi juga memerlukan produk yang digunakan untuk menjaga kebersihan serta kesehatan kulit yang dimilikinya. 

Ada berbagai macam produk yang diperlukan bayi seperti sampo bayi, sabun bayi, losion pelembab, baby oil, salep dan masih banyak lagi. 

Langkah Memilih Produk Baby Hygiene

Untuk menjawab bagaimana memilih produk baby hygiene, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, berikut beberapa diantaranya, antara lain:

Pilih produk yang dikhususkan untuk bayi

Sangat disarankan memilih produk yang memang diformulasikan khusus untuk bayi. Hindari menggunakan produk yang ditujukan untuk orang dewasa. Bisa jadi produk ini akan merusak kulit bayi yang masih halus, tipis serta rentan iritasi. 

Mengecek kandungan produk

Sebelum melakukan pemilihan, ada beberapa hal yang harus Anda pastikan di dalam kemasan, seperti:

  1. Bebas pewarna serta pewangi. Zat pewarna dan pewangi memiliki potensi mengiritasi kulit bayi serta menganggu sistem pernapasan yang dimilikinya. 
  2. Tidak memiliki kandungan antibakteri serta antimikroba. Kandungan antibakteri serta antimikroba memang dapat membunuh kuman. Namun dua kandungan ini tidak baik untuk kesehatan kulit bayi.
  3. Bebas paraben. Paraben yang biasanya digunakan adalah zat pengawet. Bayi yang sering menerima zat ini memiliki risiko mengalami alergi serta gangguan tumbuh kembang. 
  4. Bebas alkohol. Anda harus memperhatikan kemasan produk dengan baik. Biasanya alkohol ini ditulis dengan ethyl alcohol. Alkohol ini dapat dengan mudah mengiritasi kulitnya. 
  5. Pastikan sesuai dengan pH kulitnya. Tingkat keasaman kulit bayi pada dasarnya sedikit lebih rendah yakni sekitar 5,5. Oleh sebab itu disarankan melakukan pemilihan produk yang memiliki pH mendekati angka ini. Anda juga bisa memilih produk dengan pH netral.
  6. Memilih produk dengan bahan dasar alami. Biasanya, produk perawatan tubuh yang menggunakan bahan dasar alami lebih aman digunakan untuk bayi. Tetapi beberapa bahan alami tetap memiliki risiko menyebabkan iritasi serta alergi. 

Lihat kemasan sebelum melakukan pembelian

Sebelum melakukan pembelian, pastikan Anda melakukan pengecekan tanggal kadaluarsa produk serta lama produk dapat bertahan sesudah kemasan dibuka. Lebih-lebih jika membeli produk promo seperti beli 1 gratis 1. 

Biasanya, untuk produk promo semacam ini, memiliki masa kadaluarsa yang sangat dekat, contohnya saja seperti kadaluarsa produk 1 bulan lagi. Lebih baik membeli barang dengan harga atau promo yang wajar. Jika memang ingin membeli barang promo, Anda bisa menanyakan tanggal kadaluarsa terlebih dahulu. 

Lihat aturan pakai dengan baik

Agar menghindari penggunaan yang keliru atau berlebihan, tidak ada salahnya Anda membaca serta mematuhi aturan penggunaan dan peraturan yang berada di kemasan produk. Sebelum mengoleskan prpduk pda kulitnya, tidak ada salahnya melakukan tes kulit. 

Tes kulit dilakukan dengan cara mengoleskan sedikit produk di kakinya kemudian tunggu satu hari agar bisa melihat apakah produk menimbulkan ruam atau tidak. Bukan hanya sabun, sampo serta bedak. Produk yang perawatan yang harus disiapkan lainnya adalah tabir surya. 

Bila buah hati berusia di atas 6 bulan, tidak ada salahnya Anda mengoleskan tabir surya ke tubuh ketika membawanya keluar rumah saat siang hari. 

Pertanyaan seperti bagaimana memilih produk baby hygiene sekarang bukan menjadi hal yang sulit bukan?

No comments