Punya Masalah dengan Telinga, Hidung, dan Tenggorokan? Konsultasikan ke Dokter SehatQ!

Kesehatan adalah harta yang paling berharga di dunia ini. Betapa banyak harta yang habis hanya untuk bisa sehat. Jika dikalkulasikan, kamu tidak akan bisa membayar dengan uang yang kamu punyai saat ini jika salah satu anggota tubuhmu ada yang bermasalah. Misalnya saja mata, jika matamu bermasalah, misal tidak bisa melihat, berapa uang yang akan kamu keluarkan untuk bisa mendapatkan mata baru agar bisa melihat? Itupun ketika dipasang mata baru belum tentu bisa berfungsi seperti mata bawaan lahir.

Untuk itu, dalam hal kesehatan, kita harus menjaganya sebaik mungkin. Jika sudah merasakan gejala yang aneh dengan tubuhmu, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter yang kapabel dalam hal tersebut. Misalnya saja kamu ada masalah dengan pendengaranmu, maka jika itu cukup meresahkan, kamu bisa langsung konsultasi ke dokter THT.

Kira-kira apa saja sih masalah yang sering dirasakan untuk penyakit yang berkaitan dengan telinga, hidung, dan tenggorokan?

Susah Bernapas, Menelan, dan Suara Serak

Ketika flu, maka sering kali kamu akan mengalami susah bernapas, menelan, dan tak jarang suara juga ikutan serak. Namun, hal ini biasanya akan berlangsung 3 hingga 7 hari. Jika lebih dari 7 hari, kamu perlu waspada. Bisa jadi ada penyakit lain yang lebih kronis. Kamu bisa memeriksakannya ke dokter THT. Penyakit kronis yang bisa terjadi pada tenggorokan adalah radang amandel, difteri, radang pita suara, polip pita suara, kanker nasofaring, dan sebagainya.

Tidak Bisa Mencium Bau

Masalah lainnya adalah tidak mencium bau. Di masa pandemi seperti ini agak ngeri juga jika kamu tidak bisa mencium bau. Bisa karena flu, anosmia (pertanda awal kena Covid-19), atau lainnya. Jika anosmia mengarah ke Covid-19 biasanya disertai dengan demam. Semoga saja ini tidak terjadi padamu yah. Penyebab hidung tidak bisa mencium bau bisa juga karena infeksi sinus, alergi rinitis, kerusakan saraf penciuman, pergeseran septum nasal, polip hidung, dan lainnya.

Telinga Berdenging Terus Menerus

Masalah lainnya yang berhubungan dengan THT adalah telinga terus menerus berdenging. Menggangu? Jelas, mengganggu. Biasanya telinga berdenging karena habis mendengar suara yang cukup keras. Mendegar suara yang sangat keras bisa juga menyebabkan telinga berdenging terus menerus.

Masalah lainnya yang menyebabkan telinga berdenging adalah karena penumpukan kotoran telinga, faktor genetik, faktor usia, dan atau tumor atau kanker dalam telinga. Kamu bisa memeriksakannya ke dokter THT apa penyebab sebenarnya.

Berkonsultasi ke Dokter THT di SehatQ.com

Jika kamu tidak mau ribet saat konsultasi ke dokter THT, kamu bisa menggunakan aplikasi mobile SehatQ dan berkonsultasi dengan dokter yang tersedia di sana. Di sana kamu bisa memilih dokter THT yang sedang jaga. Harga konsultasi pun tergolong sangat terjangkau dan kadang juga bisa gratis jika sedang masa promo. Setelah konsultasi pun jika ada resep, kamu bisa memesan resep di SehatQ juga. Obat resep pun juga akan dikirimkan langsung ke rumahmu, tanpa kamu perlu antre di apotek. Keren bukan?

Hal yang lainnya yang bisa kamu lakukan di SehatQ adalah kamu bisa booking dokter melalui aplikasi tersebut. Kamu bisa memilih dokter THT yang terdekat dengan rumahmu dan melakukan janji temu. Sangat mudah, kamu tidak perlu ambil nomor antrean untuk periksa ke dokter THT. Apalagi di masa pandemi seperti ini, sangat disarankan untuk jarang keluar rumah dan bertemu dengan kerumunan manusia.

No comments