Informasi Kesehatan Seputar Menstruasi dan Penebalan Dinding Rahim


Ada banyak hal yang dibahas dalam informasi kesehatan terkait menstruasi secara umum. Beberapa contoh hal yang dibahas di dalamnya adalah terkait siklus haid, merk pembalut yang aman menurut BPOM, gangguan-gangguan yang terjadi selama masa menstruasi dan lain sebagainya. Salah satu hal yang seringkali menjadi pembahasan penting adalah mengenai penebalan dinding rahim.

Beberapa waktu terakhir ini muncul sebuah pertanyaan mengenai kemungkinan hamil jika mengalami penebalan dinding rahim. Memang gangguan sistem reproduksi yang satu ini terbilang bayak ditakuti setiap wanita. Pasalnya saat mengalami gangguan penebalan dinding rahim, seorang wanita akan sulit hamil. Bagaimana keadaan ini bisa terjadi?

Fakta Penebalan Dinding Rahim

Mengalami penebalan dinding rahim kemungkinan bisa terjadi pada setiap wanita. Penebalan ini biasanya terjadi karena beberapa faktor tertentu. Untuk itu sebelum memastikan kehamilan yang terjadi saat penebalan dinding rahim Anda alami maka Anda perlu menyimak beberapa fakta terkait penebalan dinding rahim berikut ini:

1. Pengaruh Hormon Esterogen

Adanya penebalan dinding rahim pada seorang wanita, salah satu sebabnya adalah pengaruh dari hormone esterogen yang tidak bekerja pada normalnya. Hal ini menyebabkan pertumbuhan dinding rahim yang berlebihan.

2. Sulitnya penempelan sel telur

Dinding rahim setiap wanita memang biasanya berbeda-beda. Namun secara normal ketebalan dinding rahim adalah berkisar antara 8mm hingga 13mm. Jika dinding rahim memiliki ketebalan lebih dari ukuran normal maka hal ini berpeluang menjadikan sel telur susah menempel. Sehingga pembuahan yang menyebabkan kehamilan pun akan sedikit sulit terjadi.

3. Beresiko terkena kanker endometrium

Di antara alasan mengapa seorang wanita sangat takut ketika divonis mengalami penebalan dinding rahim adalah karena hal tersebut meningkatkan resiko terkena kanker endometrium atau yang biasa dikenal dengan kanker rahim.

Dari beberapa fakta di atas tentu Anda sudah mendapatkan jawaban bahwa adanya penebalan dinding rahim tidak berarti menutup kemungkinan untuk hamil. Hanya saja akan sedikit sulit terjadi kehamilan ketika Anda mengalami penebalan dinding rahim tersebut.

No comments