Panduan Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Orang Dewasa


Di zaman sekarang, hampir semua aspek kehidupan membutuhkan Bahasa Inggris. Namun masih banyak sekali orang dewasa yang belum fasih berbicara Bahasa Inggris. Banyak orang dewasa yang merasa malas untuk belajar karena merasa terlalu tua untuk belajar Bahasa Inggris. Padahal Bahasa Inggris merupakan salah satu Bahasa Internasional yang sangat penting untuk dipelajari.

Lalu bagaimanakah cara belajar bahasa inggris yang mudah untuk orang dewasa? Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan:

1. Pelajari Bahasa Inggris dengan Materi Terfokus

Apa maksud dari materi terfokus? Maksudnya adalah materi yang sesuai dengan disiplin ilmu atau bidang kerja Anda. Misalkan Anda bekerja di bagian eskpor-impor, maka pelajari kosa kata yang diperlukan dalam bidang tersebut. Jangan terlalu mempelajari banyak materi, karena hal tersebut malah akan membingungkan Anda. Jadi, cukup pelajari sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Lakukan Pembelajaran Secara Bertahap

Semakin bertambahnya usia maka akan semakin berkurang juga kapasitas memorinya. Karena otak Anda telah menyimpan lebih banyak informasi. Jadi, lakukan pembelajaran Bahasa Inggris secara bertahap dan setiap hari meski sedikit-sedikit.

3. Membiasakan Diri Membaca/Mendengarkan Teks Bahasa Inggris

Praktik lebih efektif dilakukan dibandingkan hanya membaca dan menulis. Lakukan dengan cara sisipkan kegiatan praktik menggunakan Bahasa inggris di kegiatan sehari-hari Anda. Luangkan waktu untuk membaca teks berbahasa Inggris, dan juga bisa mendengarkan berita atau lagu yang berbahasa Inggris.

4. Pilih Kurus Bahasa Inggris yang Fleksibel

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memilih tempat kursus yang waktunya fleksibel. Anda memang bisa melakukan belajar secara otodidiak, tapi alangkah baiknya jika Anda mengikuti kursus di lembaga yang tersedia.

Jangan lupa untuk memilih kursus Bahasa Inggris yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, misalnya seperti kursus online yang diadakan oleh EF Adults. Anda bisa mencari info lengkapnya di situs resminya dengan cara klik link berikut https://www.ef.co.id/

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mempelajari bahasa Inggris saat usia Anda telah dewasa. Tidak ada kata terlambat untuk belajar, asalkan Anda mengikuti panduan di atas, Anda pasti lebih mudah belajar Bahasa Inggris meski jadwal yang sangat sibuk. Selamat mencoba!

No comments