Jangan Lakukan Hal Berbahaya Ini Ketika Memandikan Bayi


Memiliki bayi merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri yang tak ternilai harganya, untuk itu Anda harus sepenuh hati menyayangi dan merawat dengan hati-hati. Perawatan bayi tentunya sangat berbeda dengan perawatan orang dewasa, mulai dari kulit, bayi memiliki kulit yang lebih sensitif, untuk itu sebaiknya gunakan sabun mandi cair bayi ketika Anda memandikan sang buah hati.

Memandikan sang bayi ternyata tak boleh sembarangan, Anda harus memperhatikan hal-hal yang disarankan serta yang tak boleh dilakukan ketika memandikan sang buah hati. Pengetahuan ini sangat penting bagi orang tua, agar mereka mampu merawat kesehatan bayi dengan baik dan benar. Sangat berbahaya jika Anda melakukan hal-hal yang tak lazim untuk seorang bayi. Berikut hal berbahaya yang tidak boleh dilakukan ketika memandikan bayi.

1. Meninggalkan sendiri

Meninggalkan bayi mandi sendiri merupakan kesalahan fatal. Jangan pernah meninggalkannya meskipun hanya sebentar karena sang bayi bisa saja mendapati hal berbahaya seperti tergelincir, memainkan sabun, atau tenggelam. Oleh karena itu selalu awasi sang buah hati ketika mandi.

2. Suhu air terlalu panas atau dingin

Kulit bayi sangat sensitif, untuk itu Anda harus mengatur suhu air yang tepat untuk memandikannya. Selalu cek suhu air sebelum memandikan sang bayi. Suhu air terbaik untuk memandikan bayi adalah 35-40 derajat Celcius.

3. Menggunakan handuk bertekstur kasar

Handuk bertekstur kasar dapat menyebabkan kulit bayi yang sensitif menjadi kemerah-merahan atau lecet. Oleh karena itu selalu gunakan handuk yang berbahan lembut dan halus agar kulit bayi yang sensitif semakin terjaga dan sehat.

4. Memakai sabun orang dewasa

Jangan samakan kulit bayi dengan kulit orang dewasa, kulit bayi cenderung lebih sensitif, oleh karena itu jangan sekali-kali menggunakan produk sabun orang dewasa untuk sang bayi. Gunakanlah sabun mandi cair bayi yang aman dan cocok untuk kulit sensitif. Sabun orang dewasa aka membuat kulit bayi menjadi kering, bahkan bisa mengelupas. Selain itu sabun orang dewasa juga mengandung bahan kimia lebih banyak yang tentunya ini sangat tidak cocok dengan kulit bayi.

No comments