Penasaran Seputar Beasiswa LPDP? Simak Ulasan Ini!


Siapa yang tidak ingin kuliah mudah tanpa perlu mengeluarkan biaya apapun dan sedikitpun. Pasti hampir semua orang menginginkan hal tersebut bukan? Nah, kalau Anda salah satu orang yang ingin mewujudkan salah satu impian tersebut bisa mengajukan beasiswa LPDP S1 IDP dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan yang berasal dari Kemenkeu. Jika Anda bisa lolos seleksi beasiswa tersebut tentu tidak perlu lagi kerepotan kuliah sambil memikirkan biaya yang digunakan. Tertarik untuk ikut dan berlomba memperoleh jenis beasiswa tersebut bukan?

Sebelum melakukan pendaftaran diri melalui beasiswa kemenkeu lebih baik Anda pahami terlebih dahulu apa saja yang ada didalamnya. Jadi LPDP itu merupakan sebuah beasiswa yang diselenggarakan langsung oleh pemerintah Indonesia melalui lembaga. Tujuannya tentu untuk menghasilkan sumber daya manusia atau pemimpin yang berkualitas, profesional, saintis dan tentunya teknokrat. Jadi beasiswa itu berlaku untuk siapa saja yang ingin melanjutkan kuliah, apalagi jika mempunyai kemampuan akademis baik namun terhalang oleh biaya. Namun jangan terlalu terburu, pahami terlebih dahulu syarat-syarat dari pendaftaran beasiswa tersebut.

Sebelum membahas persyaratan, Anda perlu paham juga beberapa program pilihan yang ditawarkan oleh LPDP mulai dari sarjana, pasca sarjana, sampai dengan doktor. Lalu apa saja itu, Anda bisa simak berikut ini:
  1. Beasiswa reguler
  2. Beasiswa disertasi
  3. Beasiswa dokter spesialis
  4. Beasiswa afirmasi
  5. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia atau sering disebut dengan BUDI
  6. Beasiswa program co-funding

Setelah Anda paham beberapa program pilihan seperti diatas tentu saja sudah menentukan pilihan jenis mana yang paling tepat. Selanjutnya perhatikan persyaratan apa saja yang diperlukan untuk bisa mendaftarkan diri dalam program beasiswa LPDP S1 IDP tersebut:
  1. Dipastikan Anda harus merupakan warga Indonesia yang telah lulus sarjana atau sarjana terapan jika akan melakukan pendaftaran pada program magister.
  2. Punya surat keterangan sehat dari dokter / puskesmas / klinik pemerintah yang biasanya dengan jangka waktu 6 bulan masa berlakunya sebelum pendaftaran Anda.
  3. Mendapatkan rekomendasi dari tokoh masyarakat yang belum atau tidak bekerja, jika sudah bekerja rekomendasi dari perusahaan tempat bekerja.
  4. Jika Anda sudah termasuk PNS, TNI, POLRI harus memiliki surat izin dari unit penanganan SDM atau unit kepegawaian.
  5. Memiliki bidang keilmuan, program studi, ataupun perguruan yang sesuai dengan ketentuan dari LPDP.
  6. Memenuhi batas usia maksimal pendaftaran, umumnya usia paling tinggi 35 tahun.
  7. Telah selesai dengan program studi sarjana atau sarjana terapan dengan pembuktian menggunakan ijazah atau surat keterangan lulus.
  8. Mempunyai indeks prestasi atau IPK yang telah ditentukan oleh LPDP, sekurangnya 3 skala 4 dengan dibuktikan melalui transkrip nilai.
  9. Untuk Anda yang akan mendaftarkan diri dalam program pendidikan magister perlu melampirkan kemampuan penguasaan bahasa Inggris. Umumnya hal tersebut dibuktikan melalui score atau sertifikat IELTS dengan ketentuan score dari pihak penyelenggara.
  10. Pendaftar telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa.

Pada dasarnya masih ada banyak sekali syarat atau ketentuan yang harus Anda penuhi untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut. Seperti yang dipahami bersama jika produk beasiswa LPDP S1 IDP itu diminati oleh banyak sekali pihak. Jadi dalam proses seleksi tentu benar-benar memilih terbaik dari yang terbaik. Kandidat yang tidak sesuai dengan kriteria tentu tidak akan lolos, maka Anda harus persiapkan diri mulai dari sekarang supaya proses seleksi lebih lancar.

No comments