10 Manfaat Virgin Coconut Oil Paling Mengejutkan


Virgin coconut oil adalah salah satu jenis minyak yang semakin populer dalam bidang kesehatan dan keperluan lain. Minyak ini dibuat dari ekstraksi buah kelapa tanpa pemanasan sehingga hanya mengambil minyak murni. Virgin coconut oil diproses tanpa proses pemanasan sama sekali, sehingga hanya didapatkan minyak murni. Ini sangat berbeda dengan proses pengolahan minyak kelapa yang melewati proses perebusan dan fermentasi.

Karena berbagai proses yang sangat dipertimbangkan ini maka kandungan dan senyawa dalam minyak memang masih sangat murni. Karena itu ada banyak manfaat virgin coconut oil paling mengejutkan, seperti dibawah ini.

1. Bisa Menurunkan Berat Badan

Manfaat virgin coconut oil untuk diet ternyata memang sangat besar. Minyak ini akan menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan proses metabolisme. Kemudian dari proses ini maka pembakaran lemak dalam tubuh terjadi dengan cepat. Akhirnya berat badan menurun namun tidak menyebabkan efek kesehatan sama sekali.

Minyak ini mengandung trigliserida yang kemudian akan meningkatkan kalori dalam tubuh tapi bukan kalori yang bisa meningkatkan berat badan. Dari proses ini maka pembakaran lemak dalam tubuh yang tidak terpakai memang terjadi dengan sangat cepat.

2. Mengatasi Jamur Kulit

Penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur memang sangat menjengkelkan. Jamur yang paling sering menyerang termasuk candida. Jamur akan menyerang lapisan luar kulit sehingga menyebabkan penyakit kulit yang sulit untuk diobati.

Tapi virgin coconut oil yang termasuk dalam minyak murni bisa mengatasi semua candida di atas kulit. Ini karena minyak mengandung asam kaprilat yang sangat tinggi. Jenis asam kaprilat bisa bekerja untuk menyerang candida dan memulihkan sel kulit yang sudah rusak akibat jamur.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi virgin coconut oil secara rutin juga terbukti bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini karena minyak mengandung asam laurat yang akan berfungsi sebagai bahan antioksidan untuk tubuh. Ketika minyak masuk ke dalam tubuh maka akan membunuh semua bahan patogen yang sangat berbahaya dan merusak sel tubuh yang sehat.

Jika dikonsumsi rutin bahkan bisa membuat asam lemak dari minyak yang bekerja untuk mencegah infeksi. Termasuk semua jenis infeksi akibat bakteri, virus dan bahan berbahaya lain.

4. Membuat Tubuh Berenergi

Jika dibandingkan dengan bahan lain ternyata virgin coconut oil memang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Ini karena senyawa asam lemak menyehatkan yang akan membuat tubuh terasa lebih kuat dan tidak mudah sakit. Minyak akan membuat proses metabolisme lebih lancar.

Ketika metabolisme menjadi lancar maka tubuh Anda membakar kalori dengan baik. Efeknya kemudian menghilangkan lemak yang jahat dan membuat tubuh bersih dari racun. Akhirnya tubuh Anda menjadi lebih kuat, sehat dan penuh energi.

5. Mengatasi Kejang pada Epilepsi

Salah satu penyakit yang sering menyebabkan serangan kejang adalah epilepsi. Sayangnya sampai sekarang perawatan untuk epilepsi memang masih terus dikembangkan. Anak-anak yang mengalami penyakit ini memiliki resiko terkena kejang sehingga memang berbahaya.

Mengkonsumsi virgin coconut oil bisa menurunkan jumlah keton dalam darah sehingga akan mengurangi resiko serangan kejang. Ini karena tingginya tingkat keton dalam darah bisa memicu serangan shock mendadak dalam sistem syaraf yang kemudian terbaca tubuh menjadi kejang.

6. Menurunkan Kolesterol LDL

Ada dua jenis kolesterol pada tubuh, yaitu LDL atau kolesterol jahat dan HDL atau kolesterol baik. Memiliki tingkat LDL yang tinggi dalam tubuh bisa meningkatkan resiko plak pada arteri, penyakit jantung, diabetes, stroke dan obesitas. Manfaat virgin coconut oil dalam hal ini adalah bisa meningkatkan konsentrasi HDL sehingga otomatis LDL akan menurun sendiri.

Efeknya untuk tubuh adalah bisa membuat jantung menjadi lebih sehat, aman dari serangan stroke dan menjaga agar tubuh tidak terkena obesitas. Jika seperti ini maka organ tubuh Anda juga akan menjadi lebih sehat.

7. Merawat Kecantikan Anda

Penggunaan virgin coconut oil secara topikal memang dipercaya akan menjaga kecantikan secara alami. Minyak ini bisa digunakan untuk merawat masalah kulit dari gangguan jerawat, bekas jerawat sampai penuaan dini. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bekas jerawat secara lengkap, cek artikel cara menghilangkan bekas jerawat yang di tulis OhGitu.

Kemudian juga bisa menjaga agar rambut tetap sehat dan bahkan menjaga penampilan gigi. Mencampurkan satu sendok makan minyak ke dalam bersih untuk berkumur akan menjaga kesehatan mulut dan gigi. Sementara untuk merawat rambut dan kulit maka minyak bisa dioleskan secara langsung.

8. Menjaga Sistem Memori

Salah satu penyakit yang menyerang sistem memori adalah seperti Alzheimer dan demensia. Penyakit ini akan membuat memori otak semakin lemak sehingga daya ingat menurun dengan sangat cepat. Manfaat virgin coconut oil untuk memori adalah bisa menjaga agar kemampuan otak tetap terjaga sehingga tidak mudah lupa. Ini dipengaruhi dari menurunnya tingkat keton dalam darah sehingga otak hanya memiliki bagian lemak yang sehat.

Pada penderita Alzheimer dan demensia maka bisa mengkonsumsi minyak ini secara rutin. Namun untuk mengikuti perkembangan penyakit maka perlu dikonsultasikan dengan dokter.

9. Menjaga Kadar Gula Normal

Bagi penderita diabetes memang memiliki kadar gula yang normal seperti kebutuhan yang paling utama. Ini karena saat kadar gula naik dan berlebihan maka kondisi tubuh akan semakin parah. Virgin coconut oil bisa menjaga agar kadar gula tetap stabil dengan cara meningkatkan pengeluaran insulin dalam tubh. Akibatnya bisa membuat kadar gula dalam darah tetap normal. Hanya saja dengan perawatan alami ini maka penderita diabetes juga harus menjaga agar pola makan tetap normal dan berolahraga secara teratur.

10. Menjaga Keseimbangan Hormon Tubuh

Hormon tubuh yang sehat dan seimbang bisa membuat tubuh Anda penuh energi. Ini proses yang sangat penting untuk orang dewasa baik itu laki-laki dan perempuan. Manfaat virgin coconut oil untuk kesehatan bisa menjaga agar fungsi tiroid tetap normal. Artinya Anda tidak akan mengalami hipertiroid atau kondisi lain.

Minyak yang sangat menyehatkan ini akan membuat kelenjar menghasilkan hormon yang cukup. Akhirnya Anda bisa tidur dengan nyenyak, tidak mengalami kekurangan atau kelebihan hormon reproduksi termasuk estrogen dan progesteron.

Ternyata selama ini memang manfaat virgin coconut oil yang tidak dihiraukan memang sangat penting untuk tubuh. Artinya minyak ini bisa menjaga kesehatan tubuh mulai dari organ tubuh dalam hingga bagian luar tubuh Anda, termasuk untuk kecantikan.

No comments