5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Menjenguk Bayi



Jika ada saudara, teman, atau tetangga yang melahirkan, kita pasti tertarik untuk segera menjenguknya. Entah itu ketika masih berada di rumah sakit bersalin maupun setelah berada di rumah. Bahkan, beberapa di antara kita mungkin tidak sabar ingin segera menggendong bayi yang baru lahir tersebut. Entah itu karena kita menyukai aroma bayi, suka dengan kelucuannya, atau penasaran dengan wajahnya yang imut.

Tapi sabar dulu ya... Apapun alasan kamu ingin segera menjenguk bayi, kamu wajib mengetahui 5 hal yang tidak boleh dilakukan saat menjenguk bayi berikut ini agar tidak merugikan si bayi maupun ibunya. Apa saja?

Jangan berkunjung jika kamu sedang dalam keadaan sakit


Serius! Sakit apapun yang kamu alami, entah itu ringan atau berat, termasuk juga flu atau batuk. Walaupun tidak berbahaya bagi orang dewasa, namun penyakit-penyakit yang dianggap ringan oleh orang dewasa ini bisa jadi sangat berbahaya buat si kecil yang rentan, terutama jika penyakit tersebut menular.

Jangan menjenguk terlalu lama

Sebagian besar kita memang ingin berlama-lama menjenguk bayi dan ngobrol dengan ibunya. Tapi kita juga harus sadar bahwa seorang ibu yang baru melewatkan proses persalinan pasti sangat lelah dan membutuhkan banyak waktu untuk beristirahat agar cepat pulih. Selain itu, sebagian mereka ada juga yang kesulitan tidur di malam hari karena selalu terjaga dengan kehadiran bayi baru mereka.

Jangan merepotkan tuan rumah

Ketika kamu berkunjung ke rumah seseorang yang baru melahirkan, sebisa mungkin, jangan terlalu merepotkan mereka. Lakukanlah kunjungan singkat dengan membawa sesuatu yang bisa bermanfaat bagi ibu maupun bayinya. Ucapkan selamat kepada orang tuanya, mengobrol sebentar, kemudian tawarkan bantuan yang sekiranya bisa kamu berikan. Misalnya membantu mencuci piring di dapur, membantu melipat baju bayi, dll.

Jangan mengambil foto bayi tanpa izin orang tuanya dan hindari menggunakan flash

Seiring dengan perkembangan zaman, kebiasaan kita pun banyak berubah. Salah satu kebiasaan yang sering kita lakukan ketika menjenguk bayi baru lahir adalah memfotonya dan kemudian mempostingnya ke sosial media. Tapi sebelum kamu mengambil foto, pastikan kamu meminta izin terlebih dahulu kepada orang tuanya sekalipun orang tuanya adalah saudara dekat atau sahabat karib kamu. Selain itu, satu hal yang perlu kamu perhatikan ketika mengambil foto (jika diizinkan) adalah, hindari menggunakan flash atau blits yang dapat berdampak pada mata bayi.

Jangan memegang atau menggendong bayi jika kamu belum cuci tangan

Sebuah kebiasaan tidak sehat dan tidak baik yang selama ini masih membudaya di masyarakat kita adalah, terbiasa menggendong atau berusaha menyentuh bayi tanpa cuci tangan terlebih dahulu. Padahal, setiap rumah sakit bersalin sudah mencontohkan kita agar selalu mencuci tangan sebelum menyentuh bayi. Seharusnya, contoh tersebut juga dipraktekkan di manapun dan kapanpun kita menjenguk bayi. Karena tangan merupakan media transfer bagi kuman, virus bakteri, dan berbagai sumber penyakit lainnya yang berbahaya bagi bayi baru lahir yang imun tubuhnya masih sangat lemah.

No comments