Cara Menghilangkan Minyak di Wajah dengan Tepat

Cara menghilangkan minyak di wajah tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Bahkan, bila kamu melakukannya dengan berlebihan atau menggunakan cara yang kurang tepat, nantinya wajah akan menjadi iritasi dan kering. 

Minyak alami wajah atau yang juga disebut dengan sebum merupakan zat untuk menjaga kelembapan kulit serta mencegah keriput. Sayangnya, minyak yang berlebihan akan menyumbat pori hingga akhirnya menyebabkan jerawat dan komedo. 

Adanya peningkatan minyak di kulit ini juga bisa dipicu berbagai macam faktor mulai dari gangguan hormon, faktor keturunan, sering berkeringat, pertambahan usia dan yang lainnya. Biasanya, pemilik kulit kombinasi mempunyai kadar minyak yang lebih banyak di dagu, hidung dan dahi. 

Pori akan terlihat lebih besar, terdapat komedo hitam dan mengkilap. Selain itu kulit kombinasi juga membutuhkan perawatan yang berbeda, contohnya seperti pelembab yang hanya digunakan pada bagian pipi saja. 

Perawatan Menghilangkan Minyak di Wajah

Berikut beberapa cara menghilangkan minyak di wajah yang bisa kamu lakukan, antara lain:

Cuci wajah 2 kali dalam sehari

Cuci wajah 2 kali saja dalam sehari yakni ketika malam dan pagi hari. Kamu juga bisa mencuci wajah saat kulit sedang mengeluarkan banyak minyak. Ketika mencuci wajah, kamu bisa menggunakan sabun pembersih wajah. Pilih sabun pembersih yang menggunakan bahan lembut. 

Ketika mencuci wajah, hal yang harus diperhatikan adalah hindari menggosok wajah terlalu keras. Menggosok wajah terlalu keras bukan membuat wajah terbebas dari minyak namun malah menyebabkan iritasi. 

Pilih produk kecantikan dengan teliti

Ketika menggunakan produk kecantikan, usahakan memilih bahan dasar air serta tidak memiliki kandungan minyak dan alkohol. Seringnya produk dengan bahan dasar air ini memiliki label oil free. 

Kamu juga bisa memilih produk yang memiliki kandungan salicy acid, glycolic acid serta tretinoin. Produk dengan bahan ini berguna untuk membuang kadar minyak yang berlebihan serta membantu mengatasi jerawatmu. 

Gunakan tabir surya

Jika kamu sering melakukan aktivitas di luar ruangan, usahakan selalu menggunakan tabir surya dengan SPF 30+ serta memiliki kandungan titanium dioxide dan zinc oxide. Tabir surya nantinya akan melindungi kulitmu dari sinar matahari yang dapat menyebabkan bitnik penuaan, keriput hingga kanker kulit. Kamu juga dapat menggunakan topi serta kacamata hitam ketika beraktivitas di luar ruangan. 

Tempelkan kertas minyak

Ketika kulit terasa begitu berminyak, kamu bisa menggunakan kertas minyak. Penggunaannya bisa dilakukan dengan menempelkan kertas di area wajah yang berminyak selama beberapa saat, kemudian angkat. 

Meskipun memiliki nama kertas minyak, namun hindari menggosok kertas ini ke kulit wajah dengan keras karena bisa menyebarkan minyak ke daerah wajah yang lain. 

Gunakan pelembab dengan rutin

Tidak sedikit wanita yang menganggap jika pemilik kulit berminyak tidak memelrukan pelembab. Padahal, anggapan ini salah. Pelembab tetap harus digunakan, namun untuk area yang berminyak tidak perlu diaplikasikan setiap hari. Kamu juga harus memilih pelembab yang bebas minyak sehingga pori-pori tidak tersumbat. 

Konsumsi makanan yang bergizi

Agar minyak pada wajah tidak semakin bertambah parah, kamu bisa mulai melakukan gaya hidup yang sehat seperti mengkonsumsi makanan bergizi, pilih makanan yang rendah minyak dan gula. Selain itu kamu juga bisa memperbanyak konsumsi sayur dan buah. 

Kulit berminyak memang sangat rentan terkena jerawat, selain itu cara menghilangkan minyak di wajah juga tidak bisa hanya dilakukan satu atau dua hari. Kamu harus melakukan treatment ini setiap hari. 

No comments